SETIAKY/RADAR JOGJA
CEGAH PENYAKIT: Aksi Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di SD Negeri Ungaran 1 Jogja, kemarin (22/10).

Efektif Cegah Diare dan Influenza

JOGJA – Mencuci tangan dengan sabun diharapkan menjadi ke-biasaan sehari-hari, baik ketika berada di rumah maupun seko-lah. Dengan cuci tangan meng-gunakan sabun, terbukti mam-pu memutus penyakit yang di-sebabkan oleh virus
Selain itu, juga efektif untuk pencegahan diare. “Cuci tangan dibantu dengan sabun dapat memangkas angka penderita diare hingga 50 persen,” ujar Kepala Puskesmas Gondo-kusuman 2 dr Okto Heru San-tosa dalam Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tingkat Kota Jogja yang dipusat-kan diSD Negeri Ungaran 1 Jogja, kemarin (22/10).
Selain itu, dengan mencuci tangan memakai sabun sudah memutus mata rantai penyakit yang dise-babkan virus, seperti influenza serta flu burung. Dokter Okto mengatakan, ter-dapat lima waktu kritis untuk mencuci tangan menggunakan sabun, yaitu sebelum makan, sebelum mengolah makanan, ibu sebelum menyusui anak, setelah buang air, serta setelah bersentuhan dengan hewan.
Pihaknya menargetkan kebia-saan mencuci tangan dengan sabun ini pada anak sekolah sedini mungkin. Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Jogja Sugeng Subono me-nambahkan, mendukung kegia-tan cuci tangan dengan sabun pihaknya meminta agar di depan kelas disediakan tempat cuci tangan.
“Harapannya di depan kelas ada keran air. Ada juga satu keran untuk beberapa kelas yang bisa digunakan bersama,” ujarnya. Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti yang juga hadir berharap kebia-saan cuci tangan dengan sabun bisa diterapkan setiap hari, di manapun siswa berada.
Menurut dia, gerakan cuci tangan dengan sabun yang diperingati di seluruh dunia, membuktikan tentang pentingnya kegiatan ini. Tahun ini Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di Kota Jogja mengangkat tema Wi-jik resik tumindak becik. “Cuci tangan dengan sabun harus jadi kebiasaan, seperti kalau pulang sekolah punya adik bayi, jangan langsung dipegang tapi wijik dulu,” pesannya. (pra/laz/ong)

Breaking News