YOGI ISTI PUJIAJI/RADAR JOGJA

CEKATAN : Komandan Kodim 0732 Sleman Letkol Inf Bambang Yudhi terjun langsung dalam pembangunan fisik program TMMD 2014.

TMMD Libatkan Mahasiswa

SLEMAN- Ada yang berbeda dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke 63 tahap II 2014.
Kali ini, Kodim 0732 Sleman tidak hanya melibatkan anggota dan masyarakat. Tetapi juga dibantu mahasiswa Ketahanan Nasional, Sekolah Pascasarjana UGM.
Sebagian mahasiswa tersebut merupakan perwira TNI Polri yang sedang menempuh pendidikan lanjut. Sebagian lainnya, dari institusi pemerintahan, seperti pemerintah daerah, Badan Pemeriksa Keuangan, Bea Cukai, dan Badan Pertanahan Nasional.
Mereka dilibatkan dalam TMMD untuk menerapkan ilmu yang ditimba di kampus.
“Yang jelas supaya mahasiswa berbaur dengan masyarakat dalam penerapan ilmu,” ujar Kaprodi Ketahanan Nasional Pascasarjana UGM Armaidi Armawi kemarin (21/10).
Sinergitas dengan anggota Kodim, mahasiswa lebih difokuskan dalam kegiatan non fisik. Utamanya, dalam kegiatan penyuluhan narkoba, ketahanan nasional, dan wawasan kebangsaan. “Kami ajak generasi muda berpikiran sehat dengan menjauhi narkoba demi masa depan,” kata Komandan Kodim Letkol Inf Bambang Yudhi.
Dandim mengingatkan, narkoba sangat berbahaya dan mengganggu perkembangan kehidupan masyarakat. Karena itu, penyebaran penggunaan narkoba harus dicegah sejak dini. Nah, dalam hal ini, TNI merasa turut bertanggung jawab dalam membendung peredaran narkoba. “Pencegahan narkoba bisa dicegah dengan melibatkan semua pihak,” katanya.
Bambang mengapresiasi keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. Pasiter Kodim Kapten Inf Kamdiyo menambahkan, mahasiswa juga dilibatkan dalam program fisik. Diantaranya, lantainisasi rumah warga miskin dan pembangunan mushola. “Mereka juga membantu sembako bagi warga miskin,” ujarnya.
Rifai, salah seorang mahasiswa mengaku sangat antusias bisa terlibat langsung dalam TMMD. Dengan begitu, dia bisa melihat secara langsung kegiatan kemasyarakatan. “Semoga bermanfaat,” katanya.
Pegawai Pemkab Kulonprogo itu berharap kedepan lebih banyak mahasiswa terlibat dan lebih besar bantuan stimulan yang digelontor untuk masyarakat. (yog/din/ong)

Breaking News