PLAYEN – Olahraga tinju masih memiliki tempat di hati masyarakat. Itu terlihat dengan antusiasnya warga Gunungkidul melihat pertan-dingan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju Amatir di Gor Siyono, Playen, kemarin (13/10).Dalam ajang tersebut, sejumlah petinju asal kota Gaplek mampu meraih medali. Pengurus Koni Gunungkidul Ramiyo mengatakan meski mendapatkan sejumlah medali, sayangnya petinju tuan rumah gagal meraih emas di laga Final Kelas 60 Kilogram.
“Akibat cedera saat bertanding, Mansyur, gagal meraih medali emas,” tandasnya.Wasit terpaksa menghentikan pertan-dingan pada ronde kedua, setelah Mansyur mengalami cedera pada tangan kiri saat melawan petinju asal Sleman Gading Saputra.Pada awal pertandingan, Mansyur disudut biru, terus melepaskan pukulan hook tepat kewajah Gading. Tetapi pertandingan terpaksa dihentikan karena Mansyur mengalami cedera cukup serius akibat kesalahan gerak. “Petinju yang kita gadang-gadang mampu memperoleh medali emas malah cedera. Pada dua pertandingan sebelumnya, Mansyur mampu men-jadi pemenang,” kata Ramiyo.
Sedangkan pada Kelas 56 Kilogram Junior petinju Niko Maibella harus puas menjadi juara ketiga. Pada Kelas 60 Kilogram Junior, petinju Lian Udin juga meraih juara ketiga. Dengan hasil tersebut Gunungkidul masih mendu-duki peringkat juru kunci di DIJ.Ketua Panitia Kejurda Tinju Amatir Gunungkidul Ternalem mangatakan juara umum diraih oleh Kabupaten Bantul, disusul Sleman, Kulonprogo dan paling ujung Gunungkidul dengan perolehan satu perak dan dua perunggu.
“Gunungkidul hanya menurunkan tiga petinju. Semoga tahun depan pesertanya makin banyak lagi,” kata Ternalem.Sementara itu, Wakil Bupati Gunung-kidul Immawan Wahyudi didaulat untuk menutup Kejurda Tinju Amatir di Gor Siyono, Playen. Dalam kesem-patan itu, Immawan mengingatkan bahwa ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari olahraga ini. “Olahraga yang sportivitasnya dapat diliat secara langsung adalah tinju.
Ini dapat kita terapkan dalam berbagai hal baik itu dalam kehidupan sehari-hari, dalam bekerja, apalagi dalam berpolitik,” kata Immawan Wahyudi usai menutup kejurda kemarin.Lebih luas dikatakan, melalui pertandingan tinju hendaknya dapat menjadi motivasi warga masyarakat di segala bidang. Orang nomor dua di Bumi Handayani tersebut berharap, kedepan banyak muncul atlet tinju yang mampu mengharumkan nama daerah dalam berbagai even kejuaraan tinju lainya. (gun/ila/jiong)

Breaking News