WWW.FACEBOOK.COM/ZUCK

SANTAI: Mark Zuckerberg saat menikmati Candi Borobudur ke marin (12/10).

Pengelola Candi Tak Tahu Kedatangan Mark Zuckerberg

MUNGKID- Mark Zuckerberg, bos media sosial Facebook kemarin berkunjung ke Can-di Borobudur di Kabupaten Magelang. Dia datang untuk menikmati matahari terbit di lantai atas candi Budha terbesar di dunia itu. Meski demikian, pihak PT Taman Wisata Candi Borobudur tidak mengetahui kun-jungan pendiri media sosial yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia itu. Be-sar kemungkinan Mark datang bersama rombongan, sehingga kedatangannya tidak banyak diketahui publik
Kabar kedatangan pendiri Fa-cebook Mark Zuckerberg ke Borobudur membuat ramai lini masa. Baik Facebook maupun Twitter.Penelusuran Radar Jogja, dari akun https://www.facebook.com/mzuck (Mark Zuckerberg: The Youngest Billionaire In the World) diunggah beberapa foto yang dipercaya Mark sedang berkunjung ke Borobudur. Sta-tus di laman Facebook tersebut, “Enjoying Sunrise at Borobudur, Indonesia, loved it.”Terlihat (orang yang dipercaya sebagai) Mark memakai kaos oblong warna hijau bercelana pendek. Dia terlihat sedang me-motret salah satu stupa di Bo-robudur. Dia juga memotret pengunjung Borobudur.
Sedangkan dari laman Facebook https://www.facebook.com/zuck terdapat postingan foto yang dipercaya Mark. Disertai catatan: I just arrived in Indonesia and hiked up Borobudur to watch the sunrise. Tomorrow for Internet.org I’m looking forward to mee-ting with developers, operator partners and government leaders in Jakarta.Sedangkan lini masa Twitter juga dipenuhi kicauan tentang kedatangan Mark. Akun @Suluh-Media menulis Mark Zuckerberg Jadi Tukang Foto Dadakan di Borobudur. @adimuliapradana menulis: humble & low-profile. tidak dibuat-buat. Mark Zuck-erberg. Borobudur. Stefanus Woko, 43, salah seorang petugas Front Office Hotel Mano-hara Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur mengatakan, seperti biasa semua tamu yang datang untuk menikmati sun-rise berkumpul di Hotel Mano-hara. Para tamu selanjutnya bersama-sama, berjalan kaki ke candi.
“Karena begitu banyaknya wi-satawan, saya tidak menyadari ada tidaknya (Mark Zuckerberg) dalam rombongan,” ujarnya saat berusaha dikonfirmasi wartawan kemarin. Tidak hanya petugas hotel, petinggi PT TWCB Prambanan dan Ratu Boko Laily Prihatining-tyas juga mengaku tidak tahu soal kunjungan Mark. Hal itu karena pihaknya tidak mene-rima informasi atau pemberita-huan apa pun mengenai kebe-radaan Mark dalam rombongan turis yang menikmati sunrise di Candi Borobudur Minggu pagi.”Dalam daftar wisatawan me-mang ada nama Mark. Namun nama belakangnya bukan Zuck-erberg,” kata Laily. Direktur Taman Wisata Candi Borobudur, Pram-banan dan Ratu Boko ini men-jelaskan, terhadap para wisata-wan tersebut pihaknya membe-rikan layanan seperti biasa.
Dengan demikian, apabila ada Mark dalam rombongan wisa-tawan yang menikmati sunrise itu, bisa dipastikan dirinya tidak mendapatkan perlakuan yang istimewa.Sementara itu berdasarkan catatan jumlah rombongan yang datang menikmati sunrise ke-marin ada 163 orang. Dari jum-lah itu, sebanyak 121 orang adalah wisatawan asing, dan 42 orang lainnya adalah wisatawan domestik. Wisatawan asing tersebut dari Malaysia, Jepang, Amerika, Korea, Taiwan, Inggris, Irlandia, Singapura, Belanda, dan Thailand. Para wisatawan itu, sebanyak 56 orang menginap di Hotel Mano-hara di kompleks Taman Wi-sata Candi Borobudur, dan 107 lainnya datang dari hotel lain dan berbagai biro wisata di Jog-jakarta.
Kabar yang diterima koran ini bahwa Mark menginap di Hotel Amanjiwo, hotel mewah di kaki Bukit Menoreh di Kecamatan Borobudur. Dia datang bersama sembilan orang lainnya, termasuk sejumlah stafnya yang bertempat tinggal di Bali. Meski demikian, dalam daftar tamu rombongan Mark ini ditulis atas nama Mr Weidner dan rombongan yang berasal dari Indonesia. Mark Zuckerberg memang di-jadwalkan resmi berkunjung ke Indonesia, antara lain, untuk bertemu dengan presiden ter-pilih Joko Widodo hari Senin ini di Jakarta. Dari info yang beredar, selain mengunjungi Borobudur, Mark yang masuk dalam daftar papan atas orang kaya di dunia ini juga berkunjung ke Jogja. Kabarnya, dia mengunjungi kampung cyber dan mau me-nonton pagelaran tari di PKKH UGM. (ady/iwa/laz/jiong)

Breaking News