Grafis-sambungan-mobdin
MAGELANG – Wajar bila internal DPC Partai Demokrat Kota Magelang harus terjadi tarik ulur menyangkut persoalan nama dalam mengisi posisi wakil ketua dewan.
Secara fasilitas maupun tunjangan, posisi pimpinan dewan (pimwan) dan anggota biasa jelas berbeda. Ini bisa dilihat dari fasilitas kendaraan dinas yang akan dipakai. Ketua Dewan disediakan mobil dinas (mobdin) dengan mesin 2.000 cc, wakil ketua dewan adalah mobdin dengan mesin 1.800 cc.
Terkait fasilitas tersebut, Sekretariat DPRD Kota Magelang menyediakan dua unit mobdin baru bagi dua wakil ketua yang akan dilantik hari ini (7/10). Yakni, Toyota Altis seri V matik. Mobdin ini menggantikan Honda City Matik tahun 2008.
Sekretaris DPRD Kota Magelang Hardi Siswantono mengatakan, dalam APBD Penetapan 2014, ada anggaran untuk menyediakan mobdin bagi wakil ketua. Ditambah pada APBD-Perubahan 2014, mobil operasional untuk sekretariat.
“Mobil dinas untuk wakil ketua berupa Toyota Altis. Sedang sekretariat berupa Toyota Avanza. Semuanya sudah dilelang dan siap dipakai,” kata Hardi, kemarin (6/10).
Hardi mempersilahkan koran ini menanyakan detail masalah pengadaan mobdin pada Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Magelang Bambang Nuryanta.
“Yang jelas, mobil dinas wakil ketua yang lama berupa Honda City tahun 2008 akan dikembalikan ke Bagian Perlengkapan. Karena usia pengadaan sudah lima tahun. Juga kami pakai sendiri tidak mungkin. Karena mesinnya di atas 1.800 cc. Jadi kalau dipaksakan dipakai, bisa menyalahi aturan,” jelasnya.
Hardi meneruskan, hingga kini semua mobil dinas anggota DPRD periode lama sudah dikembalikan seluruhnya. Untuk yang usia pengadaannya kurang dari lima tahun, akan digunakan kembali. Sedangkan yang lebih lima tahun dikembalikan ke Bagian Perlengkapan Kota Magelang.
“Untuk kendaraan dinas Ketua DPRD masih bisa digunakan karena tergolong baru. Jadi tahun ini kami hanya mendatangkan tiga unit kendaraan tadi,” ujarnya.
Diungkapkan Hardi, tidak semua anggota DPRD mendapatkan fasilitas negara berupa mobdin. Fasilitas itu hanya diberikan kepada pimwan dan ketua komisi, bila sudah terbentuk nanti.
“Ketua fraksi dan anggota biasa tidak memperoleh (mobdin, Red),” tegasnya.
Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Magelang Bambang Nuryanta menambahkan, pengadaan dua unit kendaraan mewah Toyota Altis untuk jabatan wakil ketua DPRD sesuai pagu anggaran sebesar Rp 860 juta. Di mana, realisasinya sebesar Rp 845 juta. Sedangkan satu unit pengadaan Avanza dengan nilai pagu Rp 185 juta.
” Toyota Altis ini tipe V dengan kapasitas 1.800 CC dan jenis matic, masing-masing Rp 430 juta,” jelasnya.
Berdasarkan rilis dari LPSE, Rencana Umum Pengadaan (RUP) Sekretariat Dewan Kota Magelang Tahun Anggaran 2014, pengadaan mobdin dilaksanakan sejak Juni – Juli 2014. Pada Oktober 2014, PT Nasmoco Jawa Tengah-DI Jogjakarta merilis harga Toyota Altis Matic sebesar Rp 393 juta. Jika dikomparasikan, antara perusahaan penyedia kendaraan resmi Toyota dengan pembelian Pemkot Magelang ada selisih harga Rp 29,5 juta.
“Untuk pengadaan, kami lebih mahal karena ada pajak,” tegas Bambang.(dem/hes)

Breaking News