Pedagang Candi BorobudurIngin Cepat Berjualan Lagi

MUNGKID – Para pedagang yang menjadi kiosnya terbakar masih berduka. Pascaperistiwa kebakaran Kamis siang (3/10), pedagang sentral kerajinan dan makanan borobudur mengais sisa puing-puing bangunan dan dagangan yang masih bisa di-selamatkan.Memang, pada hari itu, sebagian besar kios di Kompleks Candi Borobudur terbakar. Karena besarnya api yang melalap kios, memaksa tidak banyak barang yang bisa diselamatkan para pedagang.Bagi pedagang yang masih memiliki barang dagangannya, mereka berinisiatif tetap membuka lapaknya. Mereka membuka dagangannya di bagian lain, tetapi masih di kawasan Candi Borobudur
Salah satu pedagang pakaian di Sentral Kerajinan dan Maka-nan Borobudur (SKMB) Sumarni menuturkan, tiga kios yang di-milikinya habis ludes terbakar. Saat ini, ia hanya bisa me-nyelamatkan paku untuk diguna-kan membuat lapak kembali. “Kami berharap semoga segera diberi tempat untuk berjualan kembali. Karena selama ini kehidupan kami tergantung dari penjualan di Kompleks Taman Wisata candi Borobudur,” kata Sumarni yang terlihat murung.
Pascakebakaran, PT TWC Bo-robudur akan membangun tem-pat relokasi kios sementara, agar para pedagang segera berjualan kembali. Pedagang meminta perlu percepatan pembangunan.
Untuk sementara waktu, pintu sebelah barat Candi Borobudur dibuka untuk menata lokasi sementara para pedagang ber-jualan.Pedagang juga meminta PT TWC Borobudur berlaku tegas dan adil dalam pembagian kios maupun luasnya sesuai data yang ada. “Untuk kebersamaan dan ke-sejahteraan bersama. Serta di-pastikan nantinya lokasi kios sementara dilewati jalur pe-ngunjung,” pinta Suroto, pedagang lainnya.
Dirut PT Taman Wisata Candi Candi Borobudur, Prambanan Ratu Boko Laily Prihatiningtyas menyatakan akan mencarikan tempat khusus untuk area pe-dagang sementara. Sesuai ke-sepakatan bersama, nantinya lokasi baru bisa dipakai ber-dagang lebih baik, nyaman, dan aman.Dikatakan Laily, Candi Boro-budur merupakan tujuan wi-sata internasional menuntut tetap indah, tertib, aman, dan nyaman. Karenanya, perlu pe-nataaan atas kios-kios agar lebih tertib dan teratur. Tempat relo-kasi sementara berada di sebe-lah selatan lokasi kios yang ter-bakar. (ady/hes/nn)

Breaking News