Secara Nasional Peringkat Empat

JOGJA – Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Dalam Peksiminas XII kali ini, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih peringkat 4 dari 70 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang berlaga.
UNY di bawah Universitas Negeri Surabaya yang meraih peringkat pertama disusul Universitas Brawijaya Malang, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Dalam momen itu, UNY mendapat total 5 piala. Yakni, juara I lomba Komik Strip atas nama Wigianto (Prodi Seni Rupa, FBS), juara II tangkai lomba Nyanyi Kroncong putera Fajar Tino (Prodi Seni Musik, FBS), juara II lomba Nyanyi Kroncong puteri Julia (Bahasa Jawa, FBS), juara Harapan I lomba Nyanyi Pop puteri Indiyah Kusuma (Prodi Seni Musik, FBS), dan juara harapan I lomba Vokal Grup dari Prodi Seni Musik, FBS.
“Kami berterima kasih kepada para pembina duta seni UNY yang gigih dan sabar dalam melatih dan mengawal tim UNY hingga sampai pada akhir kegiatan,” kata Wakil Rektor III UNY Sumaryanto, kemarin (1/10).
Staf Ahli Wakil Rektor III Bidang Seni Cipto Budy Handoyo menambahkan, tim UNY mendapat kawalan, pelatihan, dan pembinaan penuh oleh para pembimbing sebelum dan selama bertanding di Peksiminas 2014. “Kami tetap juara,” terang Cipto Budy bangga.
Event tersebut diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud dengan menunjuk salah satu pengurus BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia) sebagai panitia penyelenggara kegiatan. Peserta adalah hasil seleksi terbaik dari mahasiswa peserta yang ikut pada pekan seni mahasiswa daerah (Peksimida).
Penyelenggaraan Peksiminas bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktik mahasiwa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, seni rupa, dan sebagainya.
Peksiminas XII di Palangkaraya Kalimantan Tengah pada 13-19 September lalu diikuti 1.459 peserta dari 31 provinsi yang melombakan 15 tangkai. Yakni vokal grup, menyanyi pop tunggal, keroncong tunggal, seriosa tunggal, dangdut tunggal, tari, baca puisi, monolog, penulisan puisi, cerpen, lakon, desain poster, lukis, fotografi, dan komik strip. (mar/jko)

Breaking News