Idham Sudah di Jakarta, Istri Yakin Tetap Dilantik

JOGJA – Detik-detik pelantikan calon legislatif (caleg) DPR RI terpilih hari ini (1/10), KPU DIJ men dapatkan kepastikan terhadap ca leg terpilih Idham Samawi .
Caleg PDI Perjuangan Dapil DIJ itu akhirnya ditangguhkan untuk dilantik sebagai legislator. Kepastian penangguhan pe-lantikan terhadap tersangka kasus korupsi dana hibah Per-siba Bantul itu diungkapkan salah seorang komisioner KPU DIJ Guno Tri Tjahjoko kemarin (30/8). Ia menegaskan, penang-guhan ini berlaku untuk seluruh Indonesia. Tak hanya untuk DPR RI saja.”Kami mendapatkan surat dari KPU nomor 1570/KP U /9/2014 tertanggal 24 Septem-ber 2014 yang isinya meminta penangguhan untuk semua caleg terpilih yang masih be-rurusan dengan kasus korupsi,” tandas Guno.
Surat dari KPU RI itu, lanjut Guno, telah mendapatkan perse-tujuan dari presiden kemarin (30/9). Ini karena Presiden Susilo Bambang Yudoyono baru tiba dari kunjungan keluar negeri. Selain itu, KPU mengajukan penangguhan tersebut juga ber-dasarkan surat dari KPK berno-mor dari KPK B4709/ tertanggal 16 September 2014. “Di dalam surat itu, penangguhan dilaku-kan sampai jelas status hukum caleg terpilih tersebut,” imbuh Guno.Selain nama Idham Samawi, KPU juga mengajukan penang-guhan untuk kedua caleg terpi-lih lain. Mereka adalah Jero Wacik, caleg terpilih dari Dapil Bali dengan partai pengusung Partai Demokrat, kolega Idham di PDIP Herdian Kosnadi dari Dapil Banten.
Dihubungi, Ketua DPD PDIP DIJ Bambang Praswanto menga-takan, Idham Samawi sudah menerima undangan resmi dari KPU untuk acara pelanti-kan yang dilakukan 1 Oktonber. “Pak Idham sudah berangkat. Saat ini sedang di Hotel Boro-budur Jakarta bersama caleg terpilih DPR RI lainnya,” ka-tanya. Menurut dia, pelantikan Idham sudah sesuai prosedur. Di sisi lain, upaya KPU yang meminta penangguhan pelantikan ke-pada presiden tidak memiliki dasar hukum . “Dasar hukumnya itu apa,” ujarnya bernada tanya.Bambang mengungkapkan, meski KPU sudah meminta pe-nangguhan pelantikan kepada pre siden, presiden sampai saat ini juga tidak merespons. “Bukti-nya belum ada balasan dari presiden,” tegasnya.
Sementara itu, Bupati Bantul Sri Surya Widati yang juga istri Idham Samawi juga membenar-kan suaminya resmi dilantik se bagai DPR dari dapil DIJ hari ini. “Iya, dilantik. Sekarang sudah di Jakarta,” katanya dalam pesan pendek. Dia berharap setelah Idham Samawi dilantik sebagai ang-gota DPR, bisa lebih memaksi-malkan perannya dalam me-majukan dapil DIJ yang diwaki-linya. “Harapan kami, yang pen ting bermanfaat untuk Jog-jakarta, juga NKRI,” ujarnya. (eri/laz/gp)

Breaking News