Grafis-daihatsu-1
JOGJA – Berbagai cara dilakukan oleh diler otomotif untuk menggenjot angka penjualan kendaraan. Seperti yang dilakukan Daihatsu yang kembali menggelar program Big Campaign Pesta Sahabat Daihatsu dari September hingga Desember mendatang.
Branch Manager Daihatsu Jogja Vicentius Allen mengatakan hingga Agustus market share Daihatsu untuk DIJ dan Jawa Tengah sebesar 16,26 persen. “Dengan jumlah tersebut, Daihatsu masih membayangi Toyota yang ada diposisi pertama dengan market share 26,66 persen dan Mitsubishi diposisi ketiga dengan jumlah 15,98 persen,” ungkap Allen ditemui di kantornya kemarin (23/9).
Menurutnya penjualan Daihatsu diangka 10.397 unit per Agustus 2014. Dari jumlah tersebut, kontribusi tipe Xenia mencapai 14,02 persen. Hingga Agustus lalu, jumlah unit Xenia yang terjual mencapai 2.718 unit atau rata-rata 340 unit per bulan.
Sementara itu, untuk penjualan kendaraan dengan tipe low cost green car (LCGC), menurutnya, penjualannya cukup meningkat, menyaingi kelas mobil reguler. Dia menjelaskan untuk Daihatsu Ayla saja kontribusi penjualannya mencapai 24,80 persen. Bahkan hingga Agustus, penjualan Ayla mencapai 2.064 unit atau rata-rata 258 unit. “Untuk Grand Max terjual 3.446 unit atau 430 unit per bulan,” tuturnya.
Dengan digelarnya even ini dia berharap market share Daihatsu tetap nomor dua. “Memang persaingannya cukup ketat. Apalagi Daihatsu belum tertarik memasarkan sedan di Indonesia,” terangnya.
Sedangkan Supervisor Daihatsu Jalan Mataram Jogja Fatmawati Zulma menjelaskan campaign tersebut diadakan tepat dengan berlangsungnya even otomotif terbesar yakni Indonesia International Motor Show di Jakarta. Di Jogja, pameran otomotif tersebut diadakan 16 hingga 21 September lalu.
“Selain program promo, kami memberikan bursa trade in, paket kredit ringan dari berbagai perusahaan pembiayaan serta hadiah langsung untuk pemesanan kendaraan di tempat,” jelasnya. (bhn/ila)

Bisnis