MUNGKID – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Satu (Mutu) Bandongan mengadakan audit resertifikasi SMM ISO 9001:2008.
Audit yang dilakukan Deltapass International tersebut untuk memantapkan dan meyakinkan stakeholder pendidikan.Tim Auditor terdiri dariLead Auditor Agus Supriyanto, Ade Prasetyo, dan Ratna Ardiyanti.
Agus Supriyanto menyatakan, penerapan SMM ISO bukan untuk mencari sertifikat. Akan tetapi, adanya perubahan yang lebih baik dalam penerapan manajemen sekolah.
“Selain manajemen, ada lima perubahan yang harus dilakukan,” tegas Agus kemarin (17/8).
Perubahan yang dimaksud adalah perubahan pada sumber daya manusia (SDM), tentang pentingnya sebuah perubahan guna meningkatkan hasil yang lebih baik. Dijelaskan, SMM ISO tak bisa mempercepat kemajuan sekolah. Akan tetapi guru dan karyawan yang bisa mempercepat laju kemajuan sekolah.
“Alat dan infrastruktur juga harus ada perubahan yang lebih baik. Sehingga, pelanggan akan lebih tertarik pada SMK Mutu Bandongan,” paparnya.
Agus melanjutkan, perubahan atmosfer kerja juga perlu diciptakan agar lebih kondusif dan nyaman belajar dan bekerja. Material maupun perangkat keras juga harus ditingkatkan, guna menambah kenyamanan bekerja dan metode pembelajaran dengan kurikulum 2013 yang berprinsip pada student center learning.
“Sehingga menuntut guru harus lebih siap mengembangkan kemampuannya,” katanya.
Kepala SMK Mutu Bandongan Drs Sularta MPd menjelaskan,tema audit resertifikasi SMM ISO 9001:2008 adalahmempercepat laju kemajuan sekolah. Audit kali ini berbeda dengan periode sebelumnya.
“Karena harapan sekolah ini pada tiga tahun ke depan bisa mencapai 1.000 siswa,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, tim audit melakukan diskusi dengan kepala sekolah. Selanjutnya, mengaudit kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, humas dan industri, jurusan otomotif, komputer, farmasi, proses pembelajaran, wali kelas, dan tidak ketinggalan guru-guru dari administrasi sampai praktik mengajarnya.
Rangkaian kegiatan audit resertifikasi, dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 19.00.
Tim audit memutuskan SMK Mutu Bandongan masih dipercaya menggunakan SMM ISO 9001:2008.
“Hasil ini bukan hanya simbolis semata, tetapi diharapkan mampu meningkatkan laju kecepatan SMK Mutu Bandongan. Baik prestasi maupun jumlah peserta didik yang akan datang,” katanya.(ady/hes)
Masih Dipercaya Gunakan SMM ISO 9001:2008

Breaking News