MUNGKID – Calon jamaah haji di Kabupaten Magelang harus bersambar. Karena, antreannya cukup panjang. Hingga 2025 mendatang, porsi jamaah calon haji untuk Propinsi Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Magelang sudah terisi.Tahun ini, jamaah haji dari kabupaten Magelang yang berangkat ke tanah suci ada 957 jamaah. “Karena itu, sepatutnya kami bersyukur. Secara umum, masyarakat Kabupaten Magelang tergolong makmur dan agamis,” kata Bupati Magelang Zaenal Arfin kemarin (31/8).
Menurut bupati, tahun ini jumlah kuota calon haji Kabupaten Magelang mencapai 957 orang. Itu terdiri dari jamaah calon haji pria sebanyak 452 orang dan jamaah calon haji wanita ada 505 orang. Selanjutnya, ada 10 calon haji yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Di mana, umur termuda18 tahun dan calon haji tertua berumur 94 tahun.”Jumlah 957 jamaah ini lebih sedikit dibanding kuota jamaah haji pada 2012 yang berjumlah 1.102 orang,” papar bupati, saat acara manasik masal III di Gor Gemilang Kabupaten Magelang.Ditambahkan bupati, dengan banyaknya jamaah calon haji di Kabupaten Magelang, ia optimistis, visi Kabupaten Magelang 2014-2019 yang ditetapkan mudah tercapai. Yaitu mewujudkan Kabupaten Magelang semakin semanah. “Semanah yang dimaksud adalah sejahtera, maju, dan amanah. Dengan doa jamaah calon haji dari Kabupaten Magelang itu akan lebih mudah dicapai,” katanya.
Kepala Bagian Kesra Kabupaten Magelang Bambang Marjono mengatakan, dengan manasik haji ini diharapkan calon jamaah haji yang sebagian besar belum pernah melaksanakan ibadah haji memiliki gambaran. Yakni, pelaksanaan haji sekarang di tanah suci. Dari tahun ke tahun, sellau terjadi perubahan guna kesempurnaan pelayanan ibadah haji. “Calon jamaah haji Kabupaten Magelang akan berangkat ke tanah suci pada Kamis (25/9) dan Jumat (26/9). Jamaah haji terbagi dalam kloter 65,66,67, dan 68 embarkasi Adisumarmo Surakarta,” katanya.Manasik masal ke-III mengambil lokasi di Kompleks Pemda Magelang hingga lapangan Soepardi Mungkid. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang Khudaifah menjelaskan, selain manasik haji, calon haji juga melakukan persiapan lain. Seperti, pemeriksaan kesehatan wajib, termasuk pemberian vaksin menginitis.(ady/hes)

Breaking News