JOGJA – Kesiapan jalur mudik benar-benar mendapat perhatian. Termasuk jalur mudik menggunakan sarana transportasi berupa kereta api.Tak hanya PT KAI Daop 6 Jogjakarta yang bersiap. Polda DIJ juga bertekad memberikan dukungan.Untuk membantu mengamankan perjalanan kereta api selama arus mudik dan balik Lebaran 2014, polda menyiagakan dua ratus personel Brimob. Mereka ditugaskan untuk memantau dan menjaga kelancaran perjalanan kereta api. Polda memastikan hingga saat ini tidak ada terindikasi terjadi hal-hal yang mengganggu. “Sejauh ini tidak ada hal-hal yang mencurigakan terkait hal teknis,” ujar Kapolda DIJ Brigjen Oerip Soebayo di sela pemeriksaan rel kereta di Stasiun Tugu Jogja kemarin (23/7).
Selama arus mudik dan balik Lebaran, Polda DIJ membuka pos pengamanan dan pelayanan di stasiun. Khusus pengamanan di dalam kereta api, polda menyiagakan Polsuska yang rutin melakukan pengamanan. “Kita ada posko,” jelasnya.Oerip juga mengingatkan KAI untuk mewaspadai dan kembali mengecek pintu perlintasan kereta api. Menurut dia, saat berlangsung arus mudik dan balik Lebaran bakal banyak kendaraan yang masuk ke Jogjakarta dan melewati perlintasan kereta api. Data PT KAI Daop 6 Jogja menyebutkan, di wilayah Jogjakarta masih terdapat 62 titik perlintasan yang tidak dijaga. Selain itu, ada empat perlintasan “liar”.‬”Kita harapkan ada orang yang menjaga di sana supaya tidak terjadi kecelakaan,” tambah Oerip.‬
Untuk memastikan kondisi rel, Kapolda bersama Danlanal Jogjakarta Koloner Laut Daniel Muji Rahadi, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Sabrar Fadhilah melakukan pengecekan langsung. Mereka menaiki kereta lori yang bergerak dari Stasiun Tugu hingga Stasiun Sentolo di Kulonprogo.‪ PT KAI Daop 6 memprediksi arus mudik menggunakan keerta api mulai ramai pada Jumat besok (25/7). Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi 3 Agustus atau lima hari usai Lebaran.‬ “Perkiraannya memang mulai 25 Juli setelah kantor mulai libur. Untuk balik diprediksi mulai 29 Juli dengan puncak purna diprediksi terjadi 3 Agustus, karena 5 Agustus orang kantor dan anak-anak sekolah sudah memulai masuk,” kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 6 Jojgjakarta Susi Munawati.
Arus mudik juga terlihat di Bandar Udara Adisutjipto Jogjakarta. Sejumlah pemudik mendarat. Termasuk mereka yang selama ini berkerja di luar negeri.Suasana bahagia sempat terlihat saat kedatangan serombongan pemudik yang berkerja di luar negeri. Mereka disambut hangat kerabat yang sudah menanti. (pra/amd)

Breaking News