JOGJA – Pantauan terhadap angkutan umum menjelang arus mudik Lebaran 2014 kian intensif. Kemarin (21/7) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIJ menggelar operasi terhadap seluruh angkutan Lebaran yang ada di Terminal Giwangan Jogja. Bus angkutan dalam provinsi maupun antarprovinsi didata dan dicek.Operasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya insiden kecelakaan yang disebabkan kondisi kendaraan. Dalam operasi ini, Ditlantas melibatkan Dinas Perhubungan Pemprov DIJ, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan PT Jasa Raharja. “Kami ingin memastikan angkutan Lebaran yang ada di Terminal Giwangan benar-benar siap dan laik jalan sehingga penumpang merasa aman dan nyaman sampai tujuan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda DIJ Kombes Pol Nasri Wiharto di sela kegiatan operasi di Terminal Giwangan kemarin. Dia di dampingi Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda DIJ AKBP Dadiyo SIK, Kasi Pengendalian Angkutan Barang Dishubkominfo DIJ Sigit Saryanto, Kanit Operasional PT Jasa Raharja DIJ Sri Mulyana.
Dalam operasi ini kepolisian mengecek kelengkapan surat angkutan bus. Sedangkan petugas dinas perhubungan mengecek komponen kendaraan meliputi kondisi ban depan dan belakang, spion, rem, lampu rem, lampu depan, dan komponen lain. “Apabila ada bus yang diketahui tidak laik jalan maka tidak boleh beroperasi. Bus tidak laik jalan harus dikandangkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Dadiyo.Selain mengecek kondisi kendaraan, dinas perhubungan telah mengecek seluruh rambu dan lampu traffic light yang ada di wilayah Jogjakarta. Hasilnya, semua rambu lalu lintas dan lampu traffic light dalam kondisi baik termasuk lampu penerangan jalan. Masyarakat diminta melaporkan ke Dinas Perhubungan apabila mengetahui ada rambu, traffic light¸dan lampu penerangan jalan yang rusak. “Kami pastikan kondisi jalan dan rambu lalu lintas di Jogjakarta kondisinya baik,” kata Sigit Saryanto.
Kepala Unit Operasional PT Jasa Raharja DIJ Sri Mulyana mengatakan, menyambut Lebaran 1435 H ini Jasa Raharja membuka posko kesehatan. Posko tersebut dibuat di Terminal Giwangan. Petugas kesehatan di posko tersebut ini akan melayani pemeriksaan kesehatan kepada awak angkutan umum dan pengunjung. “Pemeriksaan ini gratis atau tidak dipungut biaya. Selain pemeriksaan, kami juga menyediakan obat-obatan untuk membantu sopir, kernet, kondektur, dan pengunjung yang membutuhkan,” kata Sri Mulyana.Untuk mendukung posko kesehatan, Jasa Raharja ikut menyiapkan kendaraan mobil unit kesehatan lalu lintas (MUKL). Nantinya, ambulan ini akan keliling di sejumlah tempat untuk memberikan pelayanan kepada awak angkutan umum dan pengunjung seperti Terminal Jombor dan Terminal Condongcatur. “MUKL akan ikut memberikan pertolongan secara cepat apabila ada informasi terjadi kecelakaan di wilayah Jogjakarta,” tambah Sri Mulyana. (mar)

Breaking News