MUNGKID – Ratusan umat Buddha se-Jateng- Jogjakarta berkumpul di Vihara Mendut, Kecamatan Mungkid. Mereka berkumpul dan mengikuti Atthasila Asadha Puja 1000 Upasaka Upasika.Kegiatan yang pertama kali digelar tersebut, berlangsung selama tiga hari. Yaitu, mulai Sabtu (19/7) hingga hari ini (21/7). Dalam kegiatan ini, umat Buddha menjalankan Atthasila, di mana semua umat melakukan puasa bersama-sama. Bedanya dengan puasa yang dijalankan umat Islam, ‘lelaku puasa” oleh umat Buddha ini mulai pukul 12.00 dan baru makan pada pukul 06.00 keesokan harinya.
Ketua Umum Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Jotidhammo Mahathera menyatakan, tujuan acara itu melatih moralitas dan spiritualitas umat secara bersama. Melalui kegiatan ini, diharapkan moralitas rakyat Indonesia meningkat. minimal bagi umat Buddha. Karena moralitas rakyat Indonesia dewasa ini merosot dibanding beberapa tahun lalu.”Baru pertama kali diadakan di Indonesia. Ke depan, kami akan melakukan sosialisasi kegiatan ini agar juga diikuti umat Buddha di daerah lainnya,” papar Jotidhammo kemarin (20/7).
Menurut Jotidhammo, moralitas merupakan dasar membuat kehidupan bermasyarakat lebih baik. Secara sosial, bila latihan Atthasila dilakukan terus-menerus, akan mengubah perilaku individu menjadi individu yang lebih sederhana. Pada akhirnya, mempengaruhi perilaku sosial masyarakat danperilaku sebuah negara ke arah lebih baik dan positif.”Secara spiritualitas, praktik Atthasila bisa membawa pada padamnya kekotoran batin,” ungkapnya.Dijelaskan, kegiatan ini untuk latihan hidup sederhana. Juga mencegah keinginan yang tidak perlu dan meminimalkan keinginan rendah yang mendatangkan kebahagiaan. Ini juga untuk latihan moral agar hidup di dunia dijauhkan dari keburukan dan menghasilkan manfaat yang luhur. “Sekalian merayakan Hari Raya Maha Asadha Puja atau perayaan Sang Buddha pertama kali menyebarkan ajaran Buddha,” katanya.
Ketua Panitia Wirya Purwasamudra menambahkan, bersamaan pelaksanaan Atthasila pada Minggu (20/7), semua peserta juga melaksanakan Asadha Puja. Asadha merupakan hari raya Umat Buddha, guna memperingati kotbah pertama sang Buddha pada lima murid pertamanya. Ini sekaligusterbentuknya Sangha (Pesamuhan Para Bhikkhu, Red) yang pertama di dunia.”Asadha Puja artinya puja yang dilaksanakan secara khusus untuk perayaan Asadha,” katanya.Pada kesempatan tesebut, mereka juga mendoakan agar bangsa Indonesia diberi kedamaian dan keamanan. Terutama menjelang rekapitulasi pilpres oleh KPU Pusat besok (22/7). Tidak hanya Indonesia, para umat juga berdoa bagi bangsa-bangsa lain agar diberi kedamaian.(ady/hes)

Breaking News