PURWOREJO – Pohon asam jawa yang sudah berusia ratusan tahun tumbang tepat di depan Kompleks Batalyon 412 Purworejo (13/7) sekitar pukul 23.00. Pemicunya adalah hujan yang disertai angin kencang, selain itu akar pohon asam sudah lapuk.
Robohnya pohon dengan diamater 75 sentimeter itu tidak memakan korban. Robohnya tidak melintang di jalan. Namun pintu utama Batalyon 412 Raider Kostrad tertutup dahan pohon yang roboh.Evakasuai pohon tubang dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, Senin (14/7) pukul 07.30. Menggunakan dua gergaji mesin, petugas bekerja ekstra keras menyingkirkan batang pohon tersebut.
Apalagi dahan dan daun pohon itu cukup lebat sehingga menyulitkan petugas. Petugas harus memanjat pohon untuk bisa membersihkan ranting yang ada di bagian atas. Belum lagi kabel sambungan telepon yang tersangkut dahan hingga mengganggu evakuasi pohon. “Pohonnya sudah tidak kuat menahan beban pohon yang berat. Kalau laporannya pohon tumbang karena hujan dan angin,” terang Salman, petugas BPBD Purworejo di sela evakuasi pohon.BPDB Purworejo butuh waktu sekitar dua jam untuk membersihkan pohon tersebut. Keberadaan Batalyon yang tidak berada di jalan utama menjadikan proses pembersihan berjalan cukup cepat lantaran tidak terganggu arus lalu lintas yang ramai. (tom/iwa)

Breaking News