JOGJA-Masyarakat Antikekerasan Yogyakarta (Makaryo) menggelar doa bersama lintas agama di Tugu Jogja tadi malam (14/7). Mereka mendoakan kepada warga Palestina yang digempur dari udara dan darat Israel. Serangan Israel telah mengakibatkan ratusan korban jiwa.
Makaryo juga menyerukan perdamaian dan menolak segala bentuk penindasan. Koordinator Makaryo Tri Wahyu mengatakan, kekerasan Israel merupakan bentuk dari kejahatan kemanusiaan. Warga Palestina terjajah oleh Israel. “Ini masalah kemanusiaan. Penjajahan Israel,” tandas Tri Wahyu, di sela aksi.Ia mengungkapkan, saat ini, kemanusiaan di Palestina merupakan kegagalan dunia menciptakan perdamaian. Karena itu Makaryo mendesak PBB segera turun tangan menghentikan serangan dari Israel. “PBB harus segera turun tangan,” jelasnya.
Dalam doa bersama ini, seluruh perwakilan dari lima agama di Indonesia, memohonkan kedamaian di Palestina. Mereka juga mendoakan arwah dari pejuang-pejuang Palestina dan korban kebiadaban Israel diterima di sisi Tuhan.Selama aksi, mereka juga menyerukan agar masyarakat membantu. Apa pun, meski hanya dalam bentuk doa untuk warga Palestina. (eri/din)

Breaking News