BANTUL – Seratusan anggota Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Bantul menggelar aksi solidaritas di simpang empat Klodran kemarin (14/7). Itu sebagai bentuk rasa keprihatinan sekaligus kecaman terhadap agresi militer Israel di Jalur Gaza yang telah memakan banyak korban jiwa. selain melakukan orasi, AMM juga melakukan penggalangan dana untuk membantu warga Palestina. Tak hanya itu, mereka juga melaksanakan salat Gaib untuk mendoakan warga Palestina yang gugur. Seorang perwakilan AMM Budi Nugroho mengatakan salah satu cara tepat untuk menekan agresi militer Israel adalah dengan memboikot produk-produk Amerika. Sebab, negara adidaya tersebut merupakan mitra sekaligus penyokong dana besar bagi perkembangan militer Israel. “Keuntungan dari penjualan produk-produk Amerika digunakan untuk mempersenjatai Israel,” seru Budi dalam orasinya.
Itu sebabnya, Budi mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk tidak membeli produk-produk Amerika. Hukumnya haram membeli produk mereka. Budi berkeyakinan, militer Israel akan mengurangi atau bahkan menghentikan agresi jika tak ada dukungan dana besar-besaran dari Amerika. “Kami mendesak pemerintah Indonesia dan negara-negara Islam yang tergabung dalam OKI segera mengambil langkah tegas,” ungkapnya.
Agresi militer adalah bentuk kejahatan kemanusiaan. Karena itu, AMM juga menyerukan agar negara-negara besar seperti Rusia, Inggris, Perancis dan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) mengambil langkah tegas. Misalnya menjatuhkan sanksi embargo. Senada diungkapkan Koordinator AMM Bantul Wiranthi Prastomo. Dia menyerukan agar seluruh elemen masyarakat Indonesia turut meringankan beban warga Palestina dengan memberikan sumbangan. (zam/ila)

Breaking News