SAPTOSARI – Tak kuat menanjak, truk yang mengangkut 30 wisatawan terguling. Tepatnya di jalur wisata Pantai Ngobaran di Mendak, Kanigoro, Saptosari, kemarin (22/6) sekitar pukul 11.00.Akibat kecelakaan itu, empat orang luka berat dan menjalani perawatan di rumah sakit untuk menjalani perawatan. Informasi yang dihimpun Radar Jogja, minibus AB 7530 JN disopiri Hardi mengantar rombongan ke Pantai Ngobaran. Rombongan berangkat dari Prambanan sekitar 07.00.Sesampai di lokasi kejadian minibus tidak kuat menanjak dan berhenti di tengah jalan. Kernet turun dan berusaha mengganjal ban menggunakan balok kayu. Namun usaha tersebut gagal dan bus berjalan mundur.
Badan bus menabrak pohon dan terguling di tengah jalan. Seluruh penumpang sebagian remaja berteriak histeris. Kaca samping serta belakang pecah berantakan.Warga di lokasi datang dan membantu penumpang keluar dari dalam bus. Empat orang penumpang dilarikan ke rumah sakit. Sementara penumpang lainnya memilih tidak melanjutkan wisata dan pulang ke Prambanan.Setelah seluruh penumpang dievakuasi, warga menarik bus yang melintang di tengah jalan. Badan bus kemudian ditarik puluhan warga dengan menggunakan tali .Hardi mengatakan sudah berupaya maksimal menghindari kecelakaan. Namun, usahanya tidak berhasil. “Kalau saya banting ke kiri bisa menabrak kendaraan di belakang. Ini masih beruntung tidak ada korban jiwa dan hanya luka ringan saja,” kata Hardi.
Dia mengatakan, kecelakaan dipicu kendaraan tidak kuat menanjak. Bus berhenti di tengah jalan dan diganjal balok kayu. Namun karena tanjakan curam, bus meluncur ke belakang. “Sudah saya rem, tapi tetap mundur,” ucapnya.Kapolsek Saptosari AKP Waluyo mengatakan, kecelakaan terjadi lantaran kendaraan tak kuat menanjak di jalan tikungan. Akibatnya, bus terguling dan sebanyak empat korban terpaksa dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. “Empat orang yang terluka, sudah dibawa ke rumah sakit,” kata Waluyo.Lokasi kecelakaan memang kerap terjadi musibah. Rata-rata korban kecelakaan merupakan wisatawan tidak yang tidal menguasai medan. (gun/iwa)

Breaking News