• Tablet Jadi Pusat Kendali

SLEMAN-Memanfaatkan sebuah tablet android merek terkemuka, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) mengembangkan sebuah mobil listrik. Mereka tergabung dalam Tim Ulil Albab UII, yang terdiri atas mahasiswa dari semua jurusan di FTI.
Ketua Tim Ulil Albab Nazri Afandi Pasaribu mengklaim, model formula yang dirancang sejak 2013 tersebut adalah mobil listrik berbasis android pertama di IndonesiaMobil warna biru itu bersistem suspense double wishbone, camber angle-2 derajat, caster angle+5 derajat. Sistem tersebut diyakini menghasilkan mobil ramah lingkungan.
Tablet android memiliki multifungsi pengendali sistem. Tablet diletakkan di tengah setir, sehingga mudah dijangkau pengendara. “Itu keunggulan mobil ini,” ujarnya di laboratorium teknik UII kemarin (23/4).
Sistem android dimanfaatkan untuk mengukur kecepatan, GPS, kekuatan baterai, dan entertain kendaraan. Semua panel instrumen dinamika pada mobil cukup dikendalikan melalui tablet. Termasuk stopwatch dan tombol lampu sign. “Semua aplikasinya kami buat sendiri,” lanjutnya.
Mengingat sarana utama sstem adalah android, tentu saja alat itu tetap bisa difungsikan seperti kebanyakan gajet sejenis. Misalnya, wifi, Bluetooth, berkomunikasi, internet browser, video call, dan mp3 player. Bahkan bisa dipasang tv analog. Semua berjalan dengan sistem komputerisasi. Termasuk rem.
Wakil Dekan FTI Wahyudi Pramono ST M Eng mengatakan, tujuan awal pembuatan mobil listrik tersebut untuk kompetisi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Malaysia. “Semua aplikasi android, mesin, assembly, dan bodi digarap anak-anak sendiri. Dibantu pihak sponsor,” ujarnya.
Mobil listrik yang dinamai “Force Unisi” itu digerakkan dengan sistem tenaga utama baterai tipe GS-NS60. Baterai free maintenance itu bertegangan 12 volt dengan arus 45Ah. Baterai tersebut dipilih karena memiliki ketahanan baik dan mampu bekerja pada temperature tinggi, serta lebih stabil dan bertenaga besar.
Spesifikasi Force Unisi terdiri atas panjang total 2,5 meter, panjang rangka utama 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, tinggi 1,2 meter, sistem kemudi rack and pinion, dan ukuran roda Yamaha Mio. Sistem penggeraknya berupa dua buah motor BLDC @ 1kW. Sistem penggerak roda belakang /RWD dengan differential elektronika. (yog/din)
 

Breaking News