MUNGKID – Mulai hari ini (14/4), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang menggelar ujian nasional (unas). Sebanyak 9.702 siswa melaksanakan unas tersebut di 108 SMA/ MA/ SMK se-Kabupaten Magelang yang tersebar di 21 kecamatan. Rinciannya, siswa yang ikut unas sebanyak 3.371 peserta dari tingkat SMA, 1.114 peserta dari Madrasah Aliyah (MA), 722 peserta Paket C, dan 4.496 peserta tingkat SMK.
“Ujian nasional digelar selama tiga hari, hingga Rabu (16/4),” kata Sekretaris Disdikpora Kabupaten Magelang, Mushowir, kemarin (13/4).
Menurut Mushowir, naskah soal unas datang hari Sabtu (12/4). Selanjutnya, naskah soal disimpan di Gudang Disdikpora Kabupaten Magelang yang ada di Jalan Soekarno-Hatta, Mungkid.
Rencananya, naskah ujian diambil pukul 05.00, hari ini dari ruang penyimpanan. Mushowir menegaskan, penyaluran naskah ke sekolah dipastikan tidak terlambat.
“Akan didistribusikan ke 73 sekolah penyelenggara ujian. Yaitu, SMA, MA, Paket C, dan 35 SMK di Kabupaten Magelang,” imbuhnya.
Diakuinya, pengawasan ketat pada naskah soal unas dilakukan hingga Rabu (16/4). Untuk distribusi, perwakilan sekolah melalui Pengawas Satuan Pendidikan akan dikawal anggota Kepolisian. “Petugas Polres dari tingkat kabupaten dan kecamatan akan mengawal hingga ke sekolah masing-masing,” katanya.
Cara begitu, lanjut Mushowir, ada jaminan tak ada kebocoran soal Unas tingkat SMA/MA/SMK. Langkah ini sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah.
Kapolres Magelang, AKBP Murbani Budi Pitono menyiagakan dua peleton atau 60 personel untuk Unas 2014. Sebanyak 60 personel tersebut ditugaskan mengawal naskah soal unas dan mengawasi pelaksanaannya di sekolah se-Kabupaten Magelang. (ady/hes)

Breaking News