JOGJA – Suasana kawasan Malioboro hingga Pasar Bringharjo terlihat lengang pada hari pencoblosan Pileg 2014, kemarin (9/4). Suasana lengang tersebut langsung dimanfaatkan sejumlah pegiat sepeda di Kota Jogja.
Para penggiat sepeda asal Jogja menikmati libur nasional yang berbarengan dengan pelaksanaan pemilu.
Yunita, 15, bersama rekannya memiliki menikmati suasana Malioboro dengan bersepeda. Ia yang belum memiliki hak memilih pada pileg tahun ini, berkeliling Kawasan Malioboro hingga Pasar Bringharjo.
“Sudah diniati, untuk bersepeda saat libur pemilu karena suasana Jalan Malioboro lengang,” katanya,
Pantauan Radar Jogja, sejak pagi pukul 07.00 hingga 13.00, kendaraan roda dua dan empat terlihat lengang. Termasuk toko dan pedagang kali lima (PKL) di Malioboro hingga Pasar Bringharjo juga tidak banyak yang berjualan. Keadaan ini tidak lepas dari warga Jogja yang menggunakan haknya mencoblos di tempat tinggalnya.
Suasana lengang merupakan impian pemerintah DIJ dan pemkot untuk menciptakan kawasan semi-pedestrian. Namun, keadaan lengang tersebut hanya terlihat sementara, khususnya saat coblosan Pileg 2014.
Bahkan, bus pariwisata yang biasa memadati halaman Parkir Ngabean, Taman Pintar, dan Abu Bakar Ali tidak sebanyak hari biasanya. Sepinya Kawasan Malioboro membuat pejalan kaki merasa nyaman karena tidak terhalang PKL.(hrp/hes)

Breaking News