RADAR JOGJA – Berbagai aksi sosial dilakukan masyarakat untuk saling membantu menghadapi dampak pandemi Covid-19. Tak hanya lembaga maupun komunitas, aksi sosial juga dilakukan secara individu. Salah satunya Arie Prasetyowati, 40. Ibu rumah tangga ini mengaku terketuk pintu hatinya untuk berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan. Di antaranya tukang becak, tukang parkir, ojek, dan kaum dhuafa lainnya.

“Pandemi ini membuat banyak warga yang kurang beruntung mengalami kesulitan, pendapatan menurun, kesulitan untuk bertahan hidup atau makan,” jelasnya di sela membagikan nasi kotak bersama tiga anaknya di kawasan Gondomanan, Minggu (3/5).

Sudah tiga hari Arie membagikan nasi kotak di sekitar rumah dan sejumlah jalan protokol di Jogja. Dia menuturkan aksi ini awalnya digagas oleh putrinya, Dinda Aurora, 19.  Dinda kerap menyisihkan uang untuk membelikan makanan untuk dibagikan.

“Dinda sering minta uang tapi saya tidak tahu untuk apa, dan akhirnya dia cerita untuk dibelikan makanan dan dibagikan kepada warga yang kurang beruntung. Awalnya saya curiga namun akhirnya saya bangga dengan dia,” ungkapnya.

Awalnya Arie memesan 20 nasi kotak dari sejumlah tetangga dan temannya yang memiliki usaha rumah makan yang juga mengalami penurunan omzet akibat pandemi.

Setiap membagikan nasi kotak, Arie merekamnya dan mengunggah videonya ke media sosial. Harapannya agar menginspirasi warga yang mampu untuk saling berbagi.

“Ternyata mendapat respon dari sejumlah donatur yang ingin ikut berbagi,” ujarnya.

Lama kelamaan Arie mendapat dukungan dan bantuan dari orang lain. Sejumlah donatur dari luar Jogjakarta yang tidak dapat pulang kampung juga turut membantu.

“Dengan banyaknya donasi, diputuskan untuk membuat peraturan kecil yaitu satu orang satu kotak donasi sebesar Rp 10.000, akhirnya aksi ini kami namai Gerakan Jogja untuk Jogja,” lanjutnya.

Arie berharap bantuan ini setidaknya mengurangi beban masyarakat. Aksi ini masih akan dilanjutkan di hari-hari berikutnya.

“Mudah-mudah dapat bermanfaat, dan bagi warga Jogja yang mampu marilah kita saling membantu dan bergotong royong bagi mereka yang membutuhkan,” ajaknya. (sky/tif)

Boks