Antonius Sasongko dikenal sebagai pendiri Kampung Cyber Jogjakarta. Dia ternyata juga penggila bola. Bahkan, tiap tahun dia nonton ke Eropa. Menariknya, semua itu dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, alias gratis.

 HERY KURNIAWANJogja

Antonius Sasongko punya banyak pengalaman unik saat menonton sejumlah pertandingan sepak bola di Eropa.  Ya, hampir setiap tahun sejak 2012, bapak dua anak ini selalu berkunjung ke berbagai negara di Eropa untuk menyaksikan laga sepak bola. Tentu saja laga-laga bergengsi.

Dalam obrolan santai dengan Radar Jogja di kediamannya  kemarin (11/6) sore,  pria yang akrab disapa Koko ini menceritakan mengapa dia bisa mendapatkan berkah seperti itu.  “Itu semua saya dapat dari mengikuti kuis. Bahkan ada beberapa yang tiketnya berdua dengan istri saya,” kisahnya seraya tertawa.

Koko sendiri sebenarnya adalah seorang penggemar Bayern Munchen. Namun, dia sejauh ini baru sekali mendapatkan kesempatan mengunjungi markas klub besar asal Jerman tersebut. Justru “rezeki”  Koko ada di Inggris lebih tepatnya di Kota Liverpool. “Kalau ke Liverpool saya sudah empat kali malahan,’’ kenang Koko.

Bahkan selama empat kali berkunjung ke Liverpool, dia selalu ditemani seorang guide atau pemandu wisata yang sama. Menurut Koko,  sang pemandu wisata sampai heran mengapa dia bisa terus memenangkan kuis dari berbagai produk yang berbeda setiap tahunnya.

Pada awal Juni lalu, Koko dan istrinya, Prita Trisnareswari, kembali mendapatkan hadiah dua tiket untuk menonton final Liga Champions yang berlangsung di Madrid, Spanyol.  Laga final itu pada akhirnya dimenangkan Liverpool dengan skor 2-0 atas Tottenham Hotspur.

Namun,  bukan itu cerita menarik yang dibawa pulang Koko dan keluarga. Ia mengisahkan pengalaman sedih kecopetan saat sedang berdesak-desakan memasuki Stadion Wanda Metropolitano yang menjadi venue laga final tersebut. “Untung isinya tak terlalu banyak. Tapi agak ribet ngurus ATM dan surat-surat yang lain,” lanjutnya.

Final Liga Champions di Madrid bukanlah pengalaman pertama bagi Koko. Pada 2018 yang lalu dia juga memenangkan hadiah tiket untuk menyaksikan final Liga Champions di Kiev, Ukraina.

Kini Koko sedang menyiapkan diri untuk mengikuti kuis serupa. Tujuannya adalah bisa menonton final Liga Champions musim depan yang akan berlangsung di Turki. “Semoga tembus lagi. Biar hat-trick,”  tandasnya.(din)

Boks