Sejarah panjang Kabupaten Purworejo masih berserakan. Agung Pranoto berkomitmen mewujudkan dokumentasi tanah kelahirannya itu secara komplet.

BUDI AGUNG, Purworejo

AGUNG Pranoto punya mimpi besar. Soal tanah kelahirannya: Purworejo. Lengkap dengan narasi sejarah, dokumentasi, peninggalan, kekayaan budaya, hingga tokoh-tokoh kelahiran Purworejo.

”Itu masih menjadi mimpi saya,” tutur Agung, sapaan Agung Pranoto, menceritakan impian terbesarnya, saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Ya, hingga sekarang, sejarah perjalanan Kabupaten Purworejo masih berserakan. Jangankan berbentuk digital, dokumen konvensional yang merekam dan mengulas sejarah salah satu kabupaten di Jawa Tengah itu masih sangat minim. Itu pun masih berupa potongan-potongan. Padahal, Purworejo memiliki sejarah amat panjang. Dari Purworejo saat zaman prasejarah, contohnya.

Bagi Agung, menyajikan narasi sejarah Purworejo yang komplet itu memang bukan perkara gampang. Tapi, bukan sesuatu yang mustahil. Selamat datang di http://budayapurworejo.blogspot.com. Di situs inilah Agung pelan-pelan mewujudkan mimpi besarnya. Puzzle demi puzzle sejarah Purworejo disusun di laman yang dikelolanya itu.

”Masih sangat sedikit (yang tersusun, Red). Butuh literasi, informasi, hingga sumber daya yang sangat banyak,” ucapnya merendah.

Semula, aparatur sipil negara (ASN) yang pernah berdinas di Kalimantan Tengah ini kurang begitu peduli dengan sejarah Purworejo. Kepedulian itu muncul ketika bapak dua anak ini pulang ke kampung halamannya. Persisnya saat dia sering berselancar di dunia maya. Mencari dokumentasi Purworejo tempo dulu. Satu dua gambar dia peroleh. Tekadnya semakin bulat setelah dia ditempatkan di Dinas Kebudayaan Purworejo.

Gayung bersambut, pria 45 tahun ini semakin banyak bersinggungan dengan sejarah dan kebudayaan Purworejo. Sayang, banyak informasi seni dan budaya yang dia kantongi terserak tanpa ada cerita yang pasti. Begitu pula dengan informasi seputar tokoh-tokoh nasional kelahiran Purworejo.

Pria yang menjabat kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo ini meyakini jika berbagai informasi itu tersusun dan tersajikan secara detail bakal punya efek dahsyat. Setidaknya bakal membuat para pemuda Purworejo semakin percaya diri lantaran merasa bangga.

”Sampai saat ini, kita kan belum pernah melihat ada cerita tentang Purworejo sejak dini,” keluhnya.

Pelan tapi pasti, pria yang sehari-hari ngantor di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo ini berburu berbagai informasi seputar sejarah Purworejo. Baik dari berbagai literatur hingga hunting langsung ke situs peninggalan sejarah. Lalu, ditulisnya untuk diunggah di blog pribadinya.

”Ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

Dia berharap berbagai kepingan puzzle itu tersusun rapi. Suatu saat nanti. Agar warga Purworejo mengetahui seluruh sejarah perjalanan kampung halaman mereka. Juga agar mereka mencintai Kabupaten Purworejo yang hebat itu. (zam)

Boks