DWI AGUS/RADAR JOGJA
AKRAB: Sheila On 7 saat menyanyikan lagu-lagu mereka dalam perayaan delapan tahun SheilaGank di Vila Hansen Kaliurang, Minggu malam (24/4) lalu.

Buka Sekadar Fanbase, Lebih Tepat Disebut Keluarga

Kedekatan antara musisi dan fans merupakan kunci penting dalam bermusik. Ini pula yang dipegang teguh para penggawa Sheila On 7. Mereka percaya, musisi akan sukses jika memiliki fanbase yang terus mendukung.

DWI AGUS, Sleman
SHEILA ON 7 sendiri memiliki fanbase yang sangat besar, SheilaGank namanya. Sang bassist Adam Muhammad Subarkah menilai, SheilaGank bukan hanya sekadar fanbase. SheilaGank justru lebih tepat dianggap sebagai keluarga.

“Memiliki semangat yang sama dalam musik Sheila On 7. Chemistry yang terbangun menjadi kekuatan bagi kami untuk bertahan hingga saat ini,” kata Adam di sela perayaan 8 tahun SheilaGank Jogja di Vila Hansen Kaliurang, Minggu malam (24/4) lalu.

Bukti satu hati ini dibuktikan ketika perayaan 8 tahun SheilaGank Jogjakarta. Para personel Sheila on 7 yakni Akhdiyat Duta Modjo, Brian Kresna Putro, Erros Candra, dan Adam Muhammad Subarkah secara khusus datang. Bahkan mereka juga mengisi acara malam itu. Meski menggunakan alat musik seadanya, terlihat bagaimana intimnya antara musisi dan fans ini.

Vokalis Sheila on 7 Duta mengaku, sangat berterima kasih atas dukungan selama ini. SheilaGank, baginya, merupakan salah satu sumber insiprasi dalam berkarya. Dia sangat tidak menyangka, perayaan ini didesain secara khusus untuk mempertemukan SheilaGank dan Sheila On 7.

“Acara seperti ini merupakan salah satu mimpi Sheila On 7. Kami ingin membuat acara yang hanya SheilaGank dan Sheila On 7 saja yang hadir. Membuat konser khusus hanya untuk SheilaGank,” katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini justru lebih berkesan. Merayakan acara ulang tahun tanpa menggelar konser tunggal. Meski terkesan sederhana, tetap ada komunikasi lebih intens yang terjalin.

“Musik itu adalah karya yang perlu didengarkan, dan mereka (SheilaGank) selalu hadir buat kami. SheilaGank sudah menerjemahkan keinginan kami. Tahun depan, kami bikin lebih seru dengan pemikiran kreatif lainnya,” ujarnya.

Wakil Ketua SheilaGank Jogjakarta Yulvan Alvian mengungkapkan, acara ini tidak hanya bagi SheilaGank Jogjakarta. Beberapa SheilaGank luar daerah juga turut diundang dalam perayaan ini. Seperti SheilaGank Jabodetabek, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Magelang, Kudus, Solo, Jawa Timur, Benua Etam Kalimantan Timur hingga SheilaGank Lombok.

Selain kumpul bareng idola, acara ini diisi dengan bakti sosial. SheilaGank juga dihibur dengan lagu-lagu andalan Sheila On 7 dari album pertama hingga yang terbaru, Musim Yang Baik.

“Berharap SheilaGank Jogja terus bertambah besar. Kami selalu siap mendukung kesuksesan Sheila On 7. Apalagi perjuangan mereka masuk dalam pemasaran independen ke depannya,” ungkapnya.

Salah seorang SheilaGank Jabodetabek Vilia Amanda Utami sengaja datang dalam kegiatan ini. Selain datang untuk merayakan ulang tahun SheilaGank Jogjakarta, dia juga ingin bertemu idolanya. Dia bahkan sudah datang sejak Sabtu (23/4) untuk melihat konser Sheila On 7 di GOR UNY, Sabtu malam (23/4).

“Suka dari tahun 2014 pas lagu Hari Bersamanya. Tentu senang sekali bisa gabung, karena bisa lebih dekat dengan personel Sheila On 7,” ungkapnya. (ila)

Boks