RADAR JOGJA – Sebanyak 120 mobil Volkswagen (VW) dengan berbagai seri dari tanah air maupun mancanegara dipamerkan dalam Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 di Jogja Expo Center (JEC). Dihelat pada 9-10 November. Ajang ini menjadi surganya pecinta VW dan masyarakat umum yang penasaran tentang brand kenamaan asal Jerman tersebut.

Beberapa koleksi mobil yang didatangkan dari luar negeri di antaranya Beetle Cop Top 52 yang didatangkan dari bengkel Flat-4 Jepang. Ada juga VW yang didatangkan dari Belgia berupa VW Bus Deluxe.

Humas JVWF 2019 Sutoto menuturkan, semua peserta kontes dan display telah melalui proses kurasi dan seleksi. “Mobil yang ditampilkan adalah mobil yang belum pernah diikutkan dalam perhelatan JVWF sebelumnya,” ucapnya Minggu (10/11).

Selain menampilkan mobil-mobil unik, JVWF 2019 kembali menghadirkan program doorprize lucky draw. Berupa sebuah mobil VW. Ini juga menjadi salah satu magnet untuk menggaet pengunjung.  Pada penyelenggaran sebelumnya VW Beetle 1976 dengan gaya Californian Look, menjadi hadiah utamanya. Pada penyelenggaraan kali ini mobil VW Beetle keluaran 1974 seri 1303 yang sudah direstorasi dengan gaya German Look siap dimiliki pengunjung yang beruntung.

Konsepnya adalah German Look, atau segala sesuatu yang bergaya Jerman. Tjahjo Widjodjono ketua pelaksana JVWF menjelaskan, mobil lucky draw ini diproduksi di Jerman. Namun pihaknya telah memodifikasi dengan mengganti part, mengurangi atau menambah bagian- bagian tertentu, dengan acuan gaya Germany Look sehingga mobil sudah tidak standar pabrik lagi.  Kendati demikian, VW ini tetap aman, nyaman, dan layak dikendarai di jalan raya. “Walaupun ada perubahan disana-sini, kami tetap mengutamakan keamanan dan kelayakan di jalan raya,” jelasnya.

Tjahjo menyampaikan, lucky draw ini adalah hasil gotong-royong dari banyak pihak. Pengadaan mobil sendiri diadakan bersama oleh keluarga besar Volkswagen Club Yogyakarta (VCY). Sedangkan proses restorasinya melibatkan beberapa bengkel di Jogjakarta. Di antaranya Concept Classic, Rohmat Bengkel, Is Interior, Pak Cip Electrical, Griya VW, dan Smartvolks.

Sedangkan berbagai part-nya di dukung oleh Heritage Parts Centre (Inggris), Flat – 4 (Jepang), Retro Road Trips (Belgia), TJ Wheels (Jogjakarta) dan Bursa VW Lawang (Jawa Timur). “Kami bergotong-royong untuk mempersembahkan yang terbaik, effort teman-teman ini sangat luar biasa”, tambah dia.

Lucky draw ini akan diberikan secara gratis kepada pengunjung JVWF yang beruntung, komplit dengan surat-suratnya dan tanpa dipungut biaya. (*/cr16/pra)

Bisnis