RADAR JOGJA – Sarapan penting dilakukan untuk menjaga asupan energi yang cukup sebelum beraktifitas. Namun sarapan sering dilewatkan karena terburu-buru. Nah, sereal bisa menjadi menu alternatif pilihan.

Selain praktis, simple, rasanya ringan dan bentuknya yang lucu-lucu, ternyata sereal mengandung banyak manfaat seperti berikut.

1. Meningkatkan Energi
Sereal mengandung asupan gizi dan sumber energi yang baik untuk tubuh. Sereal akan memberikan energi maksimal pada tubuh untuk tetap terjaga saat mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

2. Melancarkan Pencernaan
Sereal memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Serat tersebut berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari sembelit.

3. Mencegah kolestrol dan gula darah
Kandungan serat dalam sereal juga menurunkan sekresi glukosa yang membantu menjaga kadar gula dalam darah. Serat yang mudah larut turut membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol yang juga berhubungan dengan penyakit jantung.

4. Bisa jadi menu untuk menurunkan berat badan
Serat yang kaya dalam sereal membuat kita merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Sereal juga mengandung kalori yang lebih sedikit dari jenis sarapan lainnya seperti nasi uduk, bubur, ketoprak dan sebagainya. Sehingga sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi sereal dapat menjaga berat badan menjadi ideal.

5. Meningkatkan konsentrasi
Berbagai penelitian menunjukkan sarapan dapat memperbaiki konsentrasi sehingga dapat meningkatkan daya ingat khususnya short term memory. Disamping itu, sarapan juga meningkatkan kecepatan merespon dan ketelitian bekerja.

6. Mengembalikan Mood
Menurut Smith 2002, sarapan sereal dengan teratur dapat mengurangi produksi kortisol. Kortisol dikatakan sebagai “the stress hormone” karena selalu disekresi berlebih saat tubuh mengalami stress. Orang yang mengonsumsi sarapan sereal setiap hari lebih rendah emosi stressnya dan ketahanan terhadap stress lebih baik dibanding yang tidak. Sarapan rutin sereal juga dapat mengurangi tingkat depresi dan meningkatkan mood positif.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat mengonsumsi sereal sebagai sarapan. Manfaat sarapan sereal ini juga dinikmati di Day Dreaming Cafe. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Demangan Nomor 33, Caturtunggal, Depok, Sleman ini menyediakan berbagai macam menu sereal impor dari mancanegara. (*/tif)

Bisnis