RADAR JOGJA – Cicilan online seperti dua mata pisau dalam perencanaan finansial. Salah perhitungan sedikit bisa membuat kamu terjeblos dalam utang yang akan menghancurkan hidup. Di sisi lain, cicilan online juga bisa jadi sesuatu yang sangat bermanfaat dalam mengatur keuangan bulanan.

Pada dasarnya kredit atau cicilan sebenarnya sama, baik menggunakan kartu atau online. Kamu adalah orang yang berkuasa penuh atas penggunaannya. Tinggal pemakaiannya saja yang perlu diatur dan diawasi supaya tidak menjadi sesuatu yang merugikan. Tidak sulit, kok, memanfaatkan cicilan online untuk hal yang menguntungkan.

Yuk, simak tips memanfaatkan cicilan online dengan tepat di bawah ini!

  1. Pakai untuk Produk Promo

Promo merupakan salah satu strategi marketing terbaik untuk menarik nasabah menggunakan cicilan online. Kamu bisa menikmati potongan harga atau buy 1 get 1 untuk beberapa produk dengan menggunakan pembayaran melalui cicilan. Yang namanya cicilan, biasanya juga memberikan promo pelunasan hingga jangka waktu tertentu.

Nah, pakailah cicilan online ini untuk mendapatkan promo-promo tersebut. Belakangan ini, penyedia cicilan online memberikan potongan harga untuk makan di restoran atau menonton film di bioskop. Manfaatkan saja semuanya dan kamu bisa tetap mendapatkan hiburan dengan harga yang lebih murah.

  1. Pakai Kala Benar-benar Butuh

Satu hal yang harus kamu tanamkan bahwa jumlah pinjaman yang kamu dapatkan itu bukanlah dana tambahan dari uang yang kamu punya, melainkan beban yang harus kamu lunasi. Jadi, pakailah uang dari pinjaman online tersebut saat kamu benar-benar butuh.

Beberapa situasi mungkin bisa memaksa kamu menggunakannya. Misalnya, kamu harus membeli tiket pesawat untuk pulang ke kampung halaman di tengah bulan karena ada peristiwa mendadak. Mungkin juga kamu butuh dana untuk melakukan perjalanan bisnis sebelum akhirnya bisa di-reimburse oleh perusahaan.

Buang keinginan dan dahulukan kebutuhan untuk yang satu ini. Kamu bisa melakukan semuanya tanpa perlu mencari pinjaman dari teman atau keluarga yang mungkin juga belum tentu kamu dapatkan.

  1. Bisa Langsung Dilunasi? Lakukan!

Konsep dari sebuah pinjaman adalah kamu punya kemampuan untuk mengembalikannya. Hal ini berlaku untuk semua jenis pinjaman, ya. Jadi, pastikan dulu kamu akan mendapatkan sejumlah uang yang dipinjam dalam waktu yang sudah ditentukan.

Untuk kasus cicilan online, kamu bisa melakukan pelunasan mulai dari 30 hari setelah pinjaman diterima. Jika mengambil cicilan sebesar Rp 1 juta, pastikan kamu akan memiliki uang Rp 1 juta untuk mengembalikannya.

Lakukan pelunasan saat kamu bisa melakukannya. Ingat, bukan utang yang menghancurkan sesorang, tapi tidak membayar utanglah yang bikin finansial seseorang menjadi ambruk.

  1. Pilih Tenor Cicilan Paling Pendek

Kamu harus tahu kalau semua cicilan punya bunga yang harus dibayarkan. Bunga tersebut biasanya dibebankan setiap bulan di samping pokok pinjaman. Tenor pinjaman dari sebuah cicilan online paling lama adalah 12 bulan. Namun, kamu tidak disarankan untuk mengambil tenor paling lama tersebut bila tidak terpaksa.

Sebaiknya kamu pilih cicilan online yang memberikan fleksibilitas dalam menentukan tenor. Bila pinjaman yang kamu ambil masih sepertiga dari penghasilan bulanan, kamu bisa pilih tenor 2 – 3 bulan untuk melunasinya. Dengan begitu, bunga yang harus dibayarkan pun jadi semakin kecil.

  1. Mengajukan Cicilan Online Tersebut

Bila memang kamu mau memanfaatkan cicilan online tersebut, ajukan dari sekarang. Tenang, kamu tidak harus langsung menggunakannya setelah pengajuan disetujui dan kamu pun tidak akan dikenakan biaya apa pun jika belum menggunakannya. Malahan, kamu sudah sedia payung sebelum hujan jika dana tersebut kamu butuhkan.

Kamu tinggal mencari penyedia cicilan online terbaik yang memberikan kemudahan pengajuan dan transparan dalam urusan bunga dan biaya lainnya. Untuk lebih lengkapnya, cek cicilan online di halaman ini dan segera lakukan pengajuannya. (*/tif)

Bisnis