RADAR JOGJA – Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group akan membuka jaringan baru dengan melayani Jogjakarta ke Tarakan. Penerbangan perdana dilaksanakan pada 25 September 2019 lalu. Rute ini menempatkan Lion Air sebagai maskapai pertama dan satu-satunya terbang dari Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo menuju Tarakan.

Corporate Communication Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, dibukanya jalur ini karena karakteristik kedua destinasi tersebut. Kabupaten Kulonprogo di Jogjakarta menyuguhkan hamparan hijau perbukitan Menoreh sekilas pesona bagian barat Jogja, travelers bisa menjelajahi tempat memukau karena keasrian masih terjaga, antara lain Goa Kebon Krembangan, Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah, Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api, Ayunan Langit Watu Jaran, Rafting Kalibawang dan masih banyak lagi.

Selepas dari Jogjakarta, wisatawan dan pebisnis (travelers) bisa melanjutkan jelajah ke destinasi lainnya yaitu Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia. Tarakan menyimpan keunggulan sektor pariwisata dan bisnis. Sebagai kota yang berada di bagian utara Kalimantan dan terletak pada pulau tersendiri, menyuguhkan berbagai objek wisata budaya, bahari hingga alam yang sangat wajib dijelajahi serta menjadi sentra perdagangan maupun penjajakan berbagai peluang usaha, termasuk industri kreatif atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

”Lion Air menawarkan perjalanan udara tanpa henti (non-stop) berdurasi 2 jam 10 menit satu kali setiap hari pergi pulang (PP) dengan pilihan waktu keberangkatan terbaik. Upaya ini diharapkan mampu memberikan keuntungan lebih bagi travelers, antara lain mempersingkat waktu, memperpendek jarak, dan terjangkau,” ujarnya.

Pembukaan layanan domestik dihadirkan kepada seluruh travelers dan masyarakat yang ingin berpergian Ke Tarakan atau Jogjakarta. Lion Air berupaya untuk mengakomodasi permintaan jasa penerbangan dari Jogjakarta sekitar mencakup Temon, Wates, Panjatan, Galur, Lendah, Sentolo, Pengasih serta kabupaten di Jawa Tengah meliputi Banjarnegara, Kebumen, Purbalingga, Purworejo, Wonosobo, Banyumas dan lainnya.

Lion Air menggunakan nomor penerbangan JT-628, pesawat memiliki jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Jogjakarta di Kulonprogo (YIA) pukul 06.00 WIB dan tiba di Bandar Udara Internasional Juwata di Tarakan, Kalimantan Utara (TRK) pada 09.10 WITA. Untuk rute sebaliknya, Lion Air bernomor JT-629 lepas landas dari Juwata Tarakan pada 09.50 WITA dan dijadwalkan mendarat pukul 11.00 WIB di Jogjakarta Kulonprogo. (sce/ila)

Bisnis