RADAR JOGJA – Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2019 lalu, Gojek bekerja sama dengan berbagai komunitas lokal, mengadakan gelaran Kompetisi Kampung Merdeka 2019. Kompetisi ini memperebutkan hadiah total Rp 6 juta.

Dalam kompetisi yang dimulai pada 18 Agustus, dan baru berakhir pada 15 September kemarin itu, mengambil tempat di enam desa terpilih, dan tiga desa telah terpilih sebagai pemenang, yaitu Desa Puncak, Desa Sonopakis, dan Desa Barepan.

VP Region Gojek Jateng dan DIJ, Delly Nugraha menyatakan, kompetisi Kampung Merdeka ini merupakan rangkaian aktivitas yang mengusung semangat atau perbaikan berkelanjutan.

“Kompetisi ini terdiri beberapa aktivitas, seperti menghias kampung, kebersihan, dan jalan sehat,” katanya.

Desa yang hadir sebagai juara dalam kompeisi Kampung Merdeka ini,  diharapkan mampu sebagai percontohan bagi kampung atau desa lain. “Dengan konsep yang diusung pada Kampung Merdeka ini, manfaat yang diterima oleh warga tidak hanya peningkatan dari segi tampilan dan kebersihan kampungnya, juga peningkatan dari segi perekonomian warganya,” ujarnya.

Dari segi ekonomi, beberapa warga yang merupakan mitra pengemudi Gojek, dan partner Gofood mendapat peningkatan penghasilan dari penetrasi Gojek di desanya. “Dari segi tampilan dan kebersihan, kampung yang berpartisipasi harus berkompetisi dengan kampung lain untuk mendapatkan nilai tertinggi dari dewan juri, sehingga terjadi peningkatan dari segi tata desa pula,” tandasnya.

Gojek berharap, kegiatan Kampung Merdeka ini bisa menjadi contoh bagi kampung atau desa lain untuk selalu memiliki semangat improvement dengan pola berpikir #Pasti Ada  Jalan.

Para pemenan Kampung Merdeka mendapatkan penghargaan berupa dana pembinaan masing-masing Rp 4 juta untuk Juara1, sementara Juara 2 dan 2 mendapatkan dana Rp 2 juta. Pemenang Juara I adalah Desa Prancak, Sewon, Bantul; Juara II  Desa Sonopakis, Kasihan, Bantul, dan Juara III Desa Barepan, Imogiri, Bantul.

Lebih jauh dikatakan, Gojek merupakan penyedia layanan ​on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, yang hadir menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi, logistik, pembayaran,  layan-antar makanan, dan berbagai layanan ​on-demand ​lainnya.

Sejauh ini, Gojek berhasil menjadi penghubung antara seluruh penggunanya dengan lebih dari 1,7 juta mitra driver, hampir 300.000 mitra usaha penjual makanan (​merchant​), serta lebih dari 60.000 penyedia layanan lainnya.

Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 20 ragam layanan, mulai dari transportasi, pesan-antar makanan, belanja keperluan harian, layanan pijat profesional, membersihkan rumah, hingga logistik (GoRide, GoCar, GoBluebird, GoFood, GoShop, GoSend, GoBox, GoPulsa, GoMed, GoBills, GoTix, GoGive, GoMassage, GoClean, GoGlam, GoAuto, GoDaily, GoFix, GoLaundry), serta 1 pembayaran uang elektronik/e-money (GoPay) dan 1 program loyalitaspelanggan (GoPoints).

“Fokus utama Gojek adalah memberdayakan para pekerja sektor informal di Indonesia. Dengan bergabung bersama Gojek, mitra dapat memiliki akses kepada layanan jasa,” pungkas Delly Nugraha. (*/jko)

Bisnis