RADAR JOGJA – Berencana buka usaha tapi bingung cari modalnya.Ya, modal selalu menjadi salah satu hal terpenting yang dimiliki ketika akan membangun bisnis. Pada kenyataannya saat mulai berbisnis membutuhkan sejumlah modal awal di dalam pendiriannya.

Dilansir dari jawapos.com, jumlah modal ini juga tergantung pada jenis dan skala bisnis yang direncanakan. Tak jarang kekurangan modal sering menjadi kendala dalam memulai bisnis, Tak harus selalu mengajukan pinjaman ke bank, modal bisnis bisa bersumber dari yang lain.

Di antaranya menjual asset atau barang berharga. Keputusan ini bisa membantu untuk mendapatkan modal secara praktis. Tapi yang perlu diperhatikan adalah asset yang akan dijual tidak akan menimbulkan masalah dalam rutinitas harian.

Dilansir dari cermati.com, dapat pula memasukkan aset ke Pegadaian. Jumlah dana yang bisa didapatkan tentu sangat tergantung pada nilai dan kondisi aset yang digadaikan. Perlu diperhatikan adalah hitungan besarnya jumlah cicilan.

Dalam mendapatkan modal bisa juga dengan cara mencari investor. Tidak ada salahnya mencari investor yang akan mendanai bisnis yang direncanakan. Hal ini bisa dimulai dengan cara mendatangi seminar yang mempertemukan para pebisnis dan investor. Tapi, pastikan sebelum tanda tangan kontrak harus memahami dengan baik isi perjanjian yang akan disepakati agar kelak tidak dirugikan. (jpc/ila)

Bisnis