RADAR JOGJA – Gamatechno resmi mempertahankan sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2015 dari AQC Certification Indonesia pada Rabu (21/8) lalu. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mempertahankan sertifikasi penjaminan mutu perusahaan ini.

Senior Konsultan Gamatechno Nanang Ruswianto menjelaskan, jika ada banyak hal yang harus dipenuhi, mulai dari proses pra proyek hingga maintenance. ”Tak hanya pemenuhan standar pengerjaan project, tapi menyiapkan tim yang solid agar semua project yang dijalankan berjalan sesuai standar juga harus dipenuhi,” ujar Nanang.

Fokus audit tahun ini ditujukan pada inovasi berkelanjutan dalam sebuah bisnis. Apalagi untuk perusahaan penyedia solusi teknologi informasi seperti Gamatechno. Inovasi harus terus muncul seiring dengan perkembangan teknologi.

Salah satu poin penting dalam penilaian ini adalah pelayanan atau maintenance pelanggan. Sebuah perusahaan harus bisa melakukan pelayanan yang baik dan sesuai standar jika ingin meraih sertifikasi penjaminan mutu. ”Gamatechno sendiri sudah mulai menjalankan kaidah sistem manajemen mutu untuk mengerjakan project sejak enam tahun yang lalu,” ungkapnya.

Pada 2015 Gamatechno berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk kali pertama dan berhasil dipertahankan hingga saat ini. ISO 9001:2015 adalah pembuktian jika sebuah perusahaan tak hanya berhasil dalam menjalankan SOP manajemen saja. Namun juga dari segi pengerjaan proyek, bisnis, maintenance pelanggan, dan sejumlah standar yang sudah ditentukan.

Gamatechno berhasil mempertahankan sertifikasi penjaminan mutu ini tanpa ada kesalahan minor pun mayor. Tak ditemukannya masalah ini tentu saja merupakan hasil dari usaha yang telah dilakukan sebelumnya.

Direktur Gamatechno Adityo Hidayat menambahkan, jika sertifikasi ini membuat Gamatechno setara dengan perusahaan yang sudah lebih berkembang lebih dahulu. Harapannya, setelah adanya sertifikasi ini, Gamatechno bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

”ISO 9001:2015 adalah upaya dalam menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan hingga bisa memenuhi ekspektasi pelanggan,” ujar Adityo Hidayat.

Hasil audit tahun ini membuktikan dalam proses kerja yang dilakukan di internal Gamatechno, yang meliputi siklus manajemen proyek dari fase pra-proyek hingga delivery dan maintenance sesuai dengan standarisasi manajemen mutu yang disandang Gamatechno.

”Gamatechno semakin menunjukan komitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan, kepuasan pelanggan dan menjaga kepercayaan pelanggannya,” ujarnya. (sce/ila)

Bisnis