JOGJA – PT Trakindo Utama (Trakindo), selaku penyedia alat berat Caterpillar, menggelar Cat Global Operator Challenge di Jogjakarta, Kamis (1/8) lalu.

”Ini merupakan rangkaian pencarian operator alat berat terbaik se-Indonesia,” ujar General Manager Java Trakindo Tema Mendrofa saat ditemui di sela acara.

Tema, sapaannya, menjelaskan, event Cat Global Operator Challenge ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung peningkatan prestasi operator alat berat di Indonesia.

”Operator adalah salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan pekerjaan industri yang melibatkan alat berat.

Dia mengatakan, semakin andal seorang operator dalam mengoperasikan alat berat, maka akan semakin besar pengaruh terhadap peningkatan produktivitas pekerjaan.  Melalui kompetisi ini, Tema berharap dapat mendorong semangat para operator tanah air, khususnya di wilayah Jogjakarta dan sekitarnya untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, dan meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Event yang diikuti oleh 25 operator alat berat ini akan diambil dua pemenang, yang selanjutnya akan bersaing dengan kontestan terbaik dari kota lainnya, seperti Banjarmasin, Makassar, dan Palembang, di Jakarta nanti. ”Tak berhenti di situ, pemenang dari kompetisi tingkat nasional nantinya akan berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang tingkat dunia,” katanya.

Kontestan terbaik ditingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam final regional yang diadakan di Jepang, pada November 2019. Selanjutnya, para kontestan yang berhasil lolos pada babak tersebut akan mengikuti final global yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020.

”Oleh karena itu, selain ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, dipajang ini operator dituntut juga memiliki kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengunakan berbagai jenis alat berat Cat,” jelasnya.

Tema optimistis, operator alat berat tanah air khususnya di wilayah Jogjakarta memiliki kemampuan yang andal dan dapat bersaing dengan operator alat berat terbaik lainnya di seluruh dunia. (obi/naf/ila)

Bisnis