JOGJA – Sudah lumrah, setiap libur lebaran operator telekomunikasi selalu mengalami kenaikan traffic data. Tidak terkecuali PT Smartfren Telecom Tbk, namun khusus 2019 ini Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik komunikasi khususnya melalui layanan streaming dan aplikasi media sosial (medsos).

”Seperti yang sudah kami prediksi, Ramada dan Lebaran terjadi kenaikan lalu lintas data, dan memang benar terjadi kenaikan khususnya di layanan streaming video, kemudian yang kedua adalah para pengguna medsos,” ujar Head of Customer Experience and Analytic Smartfren Sharizan Zaki Pondren.

Selain itu berdasarkan data yang dimiliki, mobilitas pelanggan Smartfren selama mudik dan lebaran paling banyak terjadi di Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Adapun terdapat fenomena baru pada 2019 ini, yaitu terjadi juga peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang jalan tol trans Jawa.

Sepanjang liburan ini Smartfren menghadirkan beragam pilihan paket kuota internet mulai dari unlimited hingga kuota super besar. Juga menghadirkan beragam layanan digital mulai dari layanan super 4G video bagi para movie lovers, Super 4G Music bagi para penikmat lagu, hingga Super 4G Games, bagi para gamers. (ila)

Bisnis