JOGJA – Era digital membuat masyarakat semakin dimudahkan. Begitu pula dalam mengakses fasilitas kesehatan. Kini sudah tersedia layanan praktis memanggil dokter dan perawat homecare ke rumah dengan aplikasi Medi-Call.

CMO Medi-Call dr Stephanie Patricia menuturkan, kini masyarakat tidak akan mengalami kesulitan saat membutuhkan layanan kesehatan atau homecare di rumah. Misalnya, saat anak sedang sakit dan memerlukan dokter yang datang untuk memeriksa.

“Begitu pula saat membutuhkan bantuan perawat untuk merawat orang tua di rumah. Kini startup Medi-Call ini https://medi-call.id/ akan menjadi solusi atas permasalahan layanan kesehatan di rumah,” ungkapnya saat launching Medi-Call area Jogjakarta.

Stephanie mengungkapkan, gaya hidup zaman now, membuat generasi milenial hingga babyboomers pun menjadi terbiasa mengakses informasi berbagai layanan On Demand via online. Disamping kemudahan, kecepatan, dan kepastian harga, layanan on demand online begitu populer saat ini karena memberikan berbagai value yang dapat mengubah gaya hidup dan cara hidup masyarakat.

“Salah satu yang populer di Indonesia saat ini adalah hadirnya platform aplikasi transportasi online. Namun tidak hanya itu, kini layanan on demand online untuk bidang kesehatan pun (homecare) telah hadir dan beroperasi di sebagian wilayah Indonesia,” jelasnya.

Kebutuhan akan layanan kesehatan on demand untuk memanggil dokter ke rumah atau perawat homecare 24 jam di rumah, merupakan suatu pain full problem bagi pasien yang dalam suatu kondisi atau situasi tertentu, tidak dapat pergi keluar rumah.

Contohnya pada pasien lansia yang membutuhkan perawatan pasca rawat inap, traveller atau orang yang melakukan business trip singkat. Populasi menengah ke atas di berbagai rural area, hingga anak-anak yang menangis saat diajak berobat keluar, merupakan segmen yang membutuhkan layanan ini.

Sistem homevisit atau homecare konvensional sebenarnya juga telah lama ada. Namun pada sistem konvensional, pasien yang membutuhkan layanan tidak bisa dengan mudah mengakses penyedia layanan karena keterbatasan informasi dan banyak faktor lainnya yang membuat terjadinya inefisiensi biaya serta waktu.

“Untuk itulah Medi-Call hadir dengan tujuan utama sebagai penghubung pasien dengan provider penyedia layanan kesehatan on demand yang terdekat dari lokasinya,” ujarnya. (sce/ila/mg1)

Bisnis