RADARJOGJA.CO.ID – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan menggelar kompetisi Financial Hackathon (Finhacks) #Codescape 2017 pada 26 dan 27 Agustus di BCA Learning Institute, Sentul. Kompetisi tersebut untuk mencari ide inovasi digital banking yang segar yang bisa mempermudah aktivitas perbankan.

Sebagai pemanasan, BCA mengadakan Mini Finhacks Jogjakarta. Di sini, menjadi ajang merangkul pengembang peranti lunak dikemas dalam format sprint coding di The Sahid Rich Hotel, Yogyakarta, Sabtu (5/8).

Acara tersebut dihadiri Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono. Ia mengungkapkan, Mini Finhacks diadakan sebagai ajang bertatap muka langsung dengan para developer dan praktisi teknologi informasi (IT) di tanah air.

“Kami berharap para developer bisa mendengarkan kebutuhan masyarakat terhadap dunia perbankan. Secara garis besar, kebutuhan tersebut terangkum dengan hadirnya layanan perbankan yang mudah, aman, dan menyenangkan bagi kebutuhan nasabah sehari-hari,” kata Armand.

Armand meneambahkan, inovasi digital banking yang berkaca pada kebutuhan masyarakat, terutama generasi milenial, diharapkan muncul dari diselenggarakannya Mini Finhacks tersebut.

Selain sprint coding di Mini Finhacks, BCA bersama Daily Social juga menggelar talkshow bertajuk “Developing Favored Digital Banking Product.” Pada talkshow tersebut membahas bagaimana inovasi digital banking tidak hanya soal hi-tech dan modern, tetapi harus bermanfaat dan membawa nilai tambah bagi penggunanya.

Sebagai narasumber, hadir Senior Vice President BCA Fransiscus Kaurrany, COO PrimsApp Fachry Bafadal, dan Pemenang Pertama Finhacks 2016 Fariz Tadjoedin.

“Layanan VIRA atau Virtual Assistant Chat Banking yang baru-baru ini diluncurkan BCA merupakan implementasi ide juara pertama Finhacks #HackbyTheBeach yang diselenggarakan tahun lalu. Lewat Mini Finhacks ini, kami berharap kembali menemukan ide-ide aplikasi digital banking yang inovatif yang mampu menjawab kebutuhan nasabah,” kata Franciscus Kaurrany.

Usai talkshow, kompetisi sprint coding atau ‘balapan ngoding’ diselenggarakan dengan durasi tiga jam untuk pengerjaan proyek aplikasi yang dilombakan oleh setiap tim. Pemenang sprint coding ditentukan berdasarkan kecepatan, ketepatan output, dan kesesuaian solusi dengan masalah.

Lima tim pemenang sprint coding membawa pulang hadiah total Rp20 juta dan golden ticket ke babak final Finhacks #Codescape 2017 di BCA Learning Institute, Sentul.

“Mini Finhacks diselenggarakan tidak hanya di Jogjakarta. Sebelumnya di Surabaya dan kemudian akan diadakan di Bandung,” kata Armand.(hes)

Bisnis