JOGJA – Guna mempermudah retail outlet menambah saldo untuk dijual ke user, Evy Car Centre (ECC) Jogjakarta I bekerjasama dengan PT Bank Mandiri meluncurkan program Suply Chain Management (SCM) Mandiri. Dengan diluncurkannya sistem tersebut diharapkan para retail outlet pulsa nantinya dapat bertransaksi secara cepat dan aman tanpa harus keluar outlet.
Amri Bowo Laksana, selaku general manager ECC Jogjakarta I mengatakan, penerapan SCM dapat menguntungkan retail outlet karena bisa bertransaksi tanpa mengenal waktu atau 24 jam. Selain itu, para retail outlet juga dapat bertransaksi tanpa harus menunggu tim sales XL dan menyediakan uang cash.
“Mereka dapat melakukannya dengan sistem layanan e-bankin hanya dengan memasukan token dan mengatur jumlah depositnya melalui transfer sejumlah uang melalui Bank Mandiri,” jelas Amri dalam peluncuran dan sosialisasi SCM ECC XL kepada pemilik retail outlet di Kantor Bank Mandiri, Rabu (1/10).
Saat ini, lanjutnya, penerapan SCM masih tahap uji coba. Meski baru tahap ujicoba, dalam waktu lima hari setidaknya telah reseller dengan transaksi mencapai Rp 700 juta. Sedangkan pada seminggu ini telah ada 113 ID yang terdaftar.
Dia menjelaskan, penerapan SCM dapat mengurangi ketergantungan outlet kepada tim sales. Dengan begitu, tim sales bisa fokus untuk melakukan sosialisasi dan pengenalan produk ketimbang harus mengambil uang tunai dari para pemillik outlet.
“Prosesnya hampir sama dengan membeli pulsa di ATM. Diharapkan outlet bisa membeli pulsa sendiri, tanpa harus ketergantungan sengan tim sales. Bila cara konvensional sales harus datang, maka kini sudah tidak perlu lagi,” terangnya.
Menurutnya belum semua outlet memahami sistem baru ini. Sehinggan nantinya, tim sales akan melakukan sosialisasi terhadap 3032 outlet yang berada di bawah naungan ECC Jogjakarta I yakni Kota Jogja dan Sleman.
“Sales kami yang nantinya akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan token,” tutupnya.
Sementara itu Sales Officer Bank Mandiri Jogjakarta, Shanti Handayaningsih mengatakan SCM merupakan program khusus Bank Mandiri dibidang telekomonukasinya. Targetnya, sistem tersebut nantinya bisa dikenalkan seluruh provider yang ada.
“Untuk saat ini pilot projectnya memang XL karena kami lihat kesiapan provider untuk menerapkan sistem ini,” terangnya.
Syarat menggukan SCM Mandiri yakni retail outlet memiliki rekening di Mandiri. Sistem ini akan menguntungkan ECC untuk menghindari risiko perputaran uang tunai dari sales.
“Untuk harga dompul sewaktu-waktu kami sesuaikan sesuai dari ketentuan XL,” jelasnya. (bhn)

Bisnis