RADAR JOGJA – Kelompok Tani Eka Lestari, Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul bekerjasama dengan ‎Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Jogjakarta kini tengah mengembangkan varietas bawang merah (brambang) jenis Thailand. Upaya tersebut dilakukan juga untuk mendukung program ketahanan pangan dan perekonomian para petani.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Jogjakarta Kolonel Laut Damayanti mengatakan, pihaknya untuk saat ini memang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani. Salah satunya melalui program pendampingan kelompok tani dalam pengembangan varietas bawang merah. Program tersebut memiliki tujuan meningkatkan perekonomian para petani binaan Lanal Jogjakarta dan ketahanan pangan di kabupaten Bantul.

Damayanti berharap potensi yang dimiliki oleh para petani bawang merah bisa terus ditingkatkan kualitas maupun kuantitas produksinya. Agar kemudian bawang merah bisa menjadi salah satu komoditas andalan bagi kelompok tani di wilayah pesisir Bantul.

“Saat ini kami memang menggandeng kelompok tani untuk terus menerus menggali potensi pertanian dengan ditanami bawang merah. Karena (bawang merah) memiliki andil besar dalam perekonomian masyarakat terutama yang berada di daerah pesisir,” ucap Damayanti kepada wartawan, kemarin (16/1).

Sementara itu Lurah Poncosari Supriyanto mengatakan, bahwa adanya kerjasama antara lembaga dengan kelompok tani diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelompok lain di wilayahnya. Sebab, adanya kerja sama tersebut diketahui tak hanya meningkatkan produksi saja. Namun juga menerapkan teknologi yang modern dalam bidang pertanian.

Adapun pendampingan yang diberikan oleh Lanal Jogjakarta yakni dengan penerapan teknologi pertanian berupa irigasi dengan sistem pengapuran. Sistem tersebut memanfaatkan tenaga listrik yang jauh lebih irit dibandingkan dengan pompa air bertenaga bahan bakar minyak. “Mudah-mudahan teknologi pertanian yang lebih maju ini bisa dicontoh oleh petani lainnya,” harap Supriyanto. (inu/bah)

Bantul