RADAR JOGJA – Kepolisian di wilayah Bantul meminta agar masyarakat waspada terhadap tindak pidana pencurian. Pasalnya, temuan kasus pencurian di wilayah itu cukup marak pada awal tahun ini. Berbagai tips mencegah pencurian pun turut disampaikan oleh Polres Bantul agar masyarakat terhindar dari salah satu tindak kriminal itu.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, beberapa tips untuk menghindari pencurian kendaraan bermotor (curanmor) diantaranya dengan memastikan kendaraan harus di parkir pada tempat yang aman. Kemudian juga harus dikunci ganda dan tidak meninggalkan kunci tergantung di kendaraan.

Sementara untuk menghindari pencurian barang berharga seperti laptop dan handphone, Jeffry menghimbau agar masyarakat bisa menyimpan barang-barang berharganya di tempat yang aman. Serta memastikan agar rumah atau kamar kost benar-benar dalam keadaan terkunci.

“Untuk mencegah tindak pidana pencurian, kami juga berharap masyarakat dapat berpartisipasi menjaga keamanan dengan melakukan Siskamling di lingkungan masing-masing,” ucap Jeffry dalam keterangannya, kemarin (12/1).
Terkait dengan jumlah kasus pencurian di Bantul, Jeffry menyatakan bahwa pada minggu pertama bulan Januari ini pihaknya mencatat ada sebanyak 16 kasus. Empat kasus diantaranya merupakan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Kemudian kasus pencurian lain juga menyasar rumah kosong, kos-kosan, serta rumah toko (ruko).

Dengan banyaknya kasus pencurian tersebut, Jeffry juga meminta agar masyarakat selalu waspada dan menjaga barang-barang berharganya. Sebab seringkali hilangnya atau dicurinya barang-barang berharga diakibatkan oleh kelalaian pemiliknya sendiri. “Dimana ada niat dan kesempatan, akan ada tindak kejahatan yang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tandasnya. (inu/bah)

Bantul