RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten Bantul sedang menyusun rencana pengembangan Kompleks Stadion Sultan Agung (SSA). Fasilitas olahraga yang berada di Kapanewon Jetis itu diproyeksikan menjadi kawasan olahraga terpadu yang bakal dilengkapi wisma atlet, area kuliner hingga toko olahraga.

Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo mengatakan, rencana pengembangan SSA itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul agar memiliki kawasan olahraga yang representatif. Menurutnya, SSA cukup memadai untuk menggelar berbagai kegiatan keolahragaan.

Sebab di area stadion itu sudah memiliki berbagai fasilitas seperti lapangan bola, arena pacuan kuda hingga trek untuk balap sepatu roda. “Perlu peningkatan fasilitas agar kegiatan olahraga bisa lebih maksimal,’’ ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Ditegaskannya, sarana dan prasarana yang memadai menjadi salah satu faktor agar prestasi olahraga bisa meningkat. Untuk mewujudkannya, pemkab tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu, dalam waktu dekat ini ia akan berkomunikasi dengan pemerintah provinsi dan pusat agar bisa membantu anggarannya. “Intinya kami eman-eman (sayang, Red) kalau kawasan yang sangat luas ini tidak diberdayakan,” terangnya.

Rencana ini didukung Ketua Komisi D DPRD Bantul Suratman. Dia berharap pemerintah bisa memberikan prioritas terhadap pembangunan fasilitas olahraga di SSA. Sehingga prestasi para atlet bisa semakin meningkat. (inu/din)

Bantul