RADAR JOGJA – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah kerusakan di wilayah Jogjakarta, Rabu (2/2). Salah satu yang terparah adalah di sekitar Dusun Karang Bendo, Banguntapan, Bantul. Kerusakan meliputi atap seng berterbangan, pohon roboh hingga tiang listrik nyaris roboh.

Saksi mata warga sekitar Muhammad Rizky menuturkan hujan deras terjadi sekitar 14.00 WIB. Tak selang berapa lama muncul angin kencang dari berbagai arah. Angin inilah yang menyebabkan atap seng berterbangan dan tiang listrik roboh.

“Kronologis sekitar jam 2 siang lebih, berawal dari hujan biasa lama kelamaan terjadi angin ribut dari berbagai arah. (Tiang listrik) langsung ambruk karena angin itu,” jelasnya ditemui di lokasi kejadian, Banguntapan Bantul, Rabu (2/2).

Saat kejadian Rizky tengah menjaga stand minuman. Dia melihat secara langsung proses datangnya hujan deras hingga berimbas pada kerusakan. Angin, lanjutnya, datang dari berbagai arah. Terjadi selama kurang lebih 10 menit.

Untungnya saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas. Ini karena semuanya memilih untuk menepi akibat jarak pandang yang minim. Walau begitu kejadian ini sempat menimbulkan kepanikan sejumlah warga di sekitar lokasi kejadian.

“Angin sekitar 10 menitan, itu angin ribut. Setelah tiang listrik roboh otomatis mati listrik. Hujan itu selesai setengah tiga (14.30 WIB) tapi gerimis langsung deras lagi dan jam 3 kurang (15.00 WIB) langsung berhenti. Suara seng itu yang paling berisik dan bikin panik,” katanya.

Koordinator Satgas Pemadam Kebakaran BPBD Bantul Muhammad Khamdani menuturkan hujan disertai angin kencang terjadi di sekitar Kapanewon Kasihan dan Kapanewon Banguntapan. Hanya saja kerusakan terparah berada di sekitar Dusun Karang Bendo Banguntapan.

Untuk tiang listrik, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak PLN. Tiang listrik yang ambruk langsung diganti dengan yang baru. Selama proses evakuasi dan pemasangan, listrik di sekitar lokasi dipadamkan terlebih dahulu.

“Tidak ada korban dari kejadian ini. Dampak signifikan memang di tempat ini. Kalau perbaikan tiang listrik sepertinya cepat, malam  nanti mungkin sudah selesai,” ujarnya. (dwi)

Bantul