RADAR JOGJA – Seorang anak usia 12 tahun dinyatakan hilang. Saat berenang bersama dua temannya di Dam Kiyaran, Padukuhan Kiyaran Rt 04, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Bantul. Tim SAR Gabungan telah mendirikan posko pencarian korban atas nama Roni Dwi Santoso.

Komandan SAR DIJ Distrik Bantul Bondan Supriyanto mengungkap, peristiwa terjadi sekitar pukul 16.00. Di mana ada tiga anak yang berenang di Dam Kiyaran. Dua anak kemudian mentas, tapi korban tidak kunjung muncul ke permukaan. “Tidak ditemukan satu, yang dua nangis,” bebernya dihubungi Radar Jogja kemarin (11/10).

Kedua anak tersebut bingung mencari satu temannya. Sampai akhirnya mereka meminta bantuan warga. “Warga kemudian menelpon saya untuk minta bantuan. Saya kemudian datang meluncur dengan tim,” ujarnya.
Dua anak yang selamat ini dalam keadaan baik. Namun, dijelaskan Bondan, keduanya masih dalam keadaan syok. “Dua anak sehat. Tapi syok,” sebutnya.

Sekitar 50 potensi Tim SAR Gabungan telah berkumpul dekat tempat kejadian perkara (TKP). Sebagian di antaranya membangun posko. Sementara 15 potensi melakukan pencarian terhadap korban kemarin sore. “Teman-teman sudah ada yang masuk sungai. Turun sekitar 15 orang, lain masih persiapan koordinasi setelah pembukaan posko,” ucapnya.

Pencarian dilakukan menimbang debit air yang belum deras. Selain itu, waktu masih memungkinkan. Lantaran cahaya matahari masih ada. “Semoga bisa ketemu, karena debit air kecil semoga terkejar hari ini. Untuk selanjutnya tergantung cuaca, apa dapat terus kami turunkan atau naikkan (potensi, Red),” jelasnya.

Turut dipaparkan, pencarian terkendala oleh kedalaman Dam Kiyaran. Di mana air Dam berkedalaman sekitar tujuh sampai delapan meter. “Jadi perlu tim penyelam,” cetusnya.

Diperkirakan pula, korban tenggelam masih berada di dasar Dam Kiyaran. Sebab hilangnya korban belum mencapai empat jam. Namun, saat hilangnya korban sudah mencapai enam jam pun, tubuhnya belum mengapung di permukaan. “Kalau sudah enam jam mengapung di pertengahan. Kalau sudah 12 jam baru naik,” paparnya. (fat/pra)

Bantul