RADAR JOGJA- Sebanyak 2.600 masyarakat pesisir Pantai Selatan menjadi sasaran kegiatan vaksin massal dosis pertama oleh Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda DIJ.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid 19,  yang digelar selama 2 hari mulai 31 Juli hingga 1 Agustus 2021.

Wakapolda DIJ, Brigjen Pol R.Slamet Santoso menuturkan saat ini Kabupaten Bantul jumlah terkonfirmasi positif masih tinggi sehingga kegiatan vaksinasi merupakan jalan keluar untuk menanggulangi masalah tersebut.

“Menurut data yang ada, rata-rata sekitar 700 lebih warga Bantul yang terkonfirmasi positif setiap harinya. Untuk itu giat vaksinasi ini kita menyasar wilayah Kabupaten Bantul,” jelasnya disela peninjauan kegiatan vaksinasi di Mako Ditpolairud Polda DIJ.

Menurutnya kegiatan vaksinasi ini perlu diperluas agar tujuan mewujudkan herd immunity tercapai dan penambahan kasus Covid-19 semakin menurun.

“Hari ini kita targetkan 1300 vaksin dan besok 1300. Terimakasih kepada stakeholder (Urkes Polres Bantul, Forum Pengurangan Resiko Bencana /FPRB kabupaten Bantul, SAR Satlinmas kabupaten Bantul dan PANTAS) yang turut serta mendukung kegiatan vaksinasi ini,” kata Brigjen Pol R.Slamet Santoso.

Wakapolda juga menambahkan Polda DIJ telah menginstruksikan Kapolres Bantul untuk bekerjasama dengan Pemda (Bantul) dalam hal penanganan warga yang saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Polda DIJ memiliki shalter dengan kapasitas 96 tempat tidur. Dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga yang saat ini menjalani isoman. Dirinya berharap dengan terwujudnya herd immunity nantinya perekonomian akan membaik,”jelasnya.

Ditpolairud Polda DIJ, Kombes Pol Nurodin  menjelaskan, warga yang turut divaksin adalah masyarakat pesisir dan nelayan tergabung dalam beberapa komunitas pelaku usaha pariwisata Pokdarwis.

“Vaksinasi ini juga melayani anak-anak minimal umur 12 tahun hingga lansia. Kegiatan ini bersinergi dengan pemerintah daerah Bantul, hari ini berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang direncanakan.Vaksinasi lain waktu akan di laksanakan lagi untuk mencapai target nasional,” ujarnya.

Ketua forum pengurangan risiko bencana (FPRB) kabupaten Bantul  Waljito yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan dukungannya dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini.

“Kami mendukung pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Polda DIJ dalam rangka pemenuhan imunitas untuk masyarakat. Penyebaran masih tinggi sehingga vaksinasi merupakan bentuk garda paling akhir untuk memenuhi kekebalan masyarakat.

Dirinya berharap semoga penyebaran Covid 19 di wilayah Bantul dapat terminimalisir dan masyarakat dapat menjalankan aktivitas normal kembali,”katanya.

Kabidhumas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto, mengatakan dalam kegiatan ini Bidhumas Polda DIJ menghadirkan Duta vaksin presisi Bidhumas Polda DIJ

“Hari ini kami menyertakan Duta vaksin presisi sebagai kepanjangan tangan kami (Polda DIJ) untuk menyapa setiap masyarakat yang hadir, memberikan himbauan-himbauan serta informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat terkait pelaksanaan vaksinasi massal,”ucapnya. (sky)

Bantul