RADAR JOGJA – Satreskrim Polres Bantul telah mengirimkan berkas pelaku sate sianida Nani Apriliani Nurjaman, 25, ke Kejaksaan Negeri Bantul. Berkas telah dikirim beberapa hari lalu. Walau begitu untuk saat ini status kasus belum P21.

Kasatreskrim Polres Bantul, AKP Ngadi memastikan penyidikan masih berlanjut. Terutama untuk mencari sosok pria misterius berinisial R. Lengkapnya berkas penyidikan Nani tak menghentikan proses pencarian ini.

“Berkasnya susah dilimpahkan sudah beberapa hari yang lalu, tinggal nunggu P21. Tapi penyidikan masih lanjut untuk mencari sosok R. Dia ini kan yang membisiki Nani untuk beli sianida dan dicampur makanan,” jelasnya, Kamis (24/6).

Terkait perkembangan kasus, Ngadi memastikan kasus R bisa berdiri sendiri. Terlebih berdasarkan keterangan Nani, peran R sangatlah menonjol. Mulai dari membeliĀ  sianida hingga ide mencampur ke dalam makanan.

Sayangnya hingga saat ini, pihaknya belum bisa melacak. Terlebih komunikasi antara Nani dengan R terputus setelah kasusnya menjadi viral. Bahkan cenderung menghilang dan tak terlacak.

“Kami upayakan maksimal. Nanti bisa berdiri sendiri berkasnya (untuk R). R dari dulu informasinya pemberi ide menurut pelaku N (Nani),” katanya.

Seperti diketahui, sate sianida awalnya ditujukan ke sosok Tomy. Merupakan pria yang sempat dekat dengan tersangka Nani. Aksi ini tercetus karena Nani kecewa ditinggal menikah.

Nani mengirim sate beracun melalui order ojek online secara offline bernama Bandiman, 47. Pemesanan berlangsung di kawasan Gayam atau barat Stadion Mandalakrida. Dalam pesanan itu, Nani mengaku kiriman berasal dari Hamid asal Pakualaman.

Sesampai di lokasi, Tomy sedang di luar kota. Istri Tomy tidak mau menerima kiriman makanan tersebut lantaran merasa tidak tahu siapa pengirimnya. Begitupula Tomy ketika saat itu dihubungi mengaku tidak mengenal nama pengirim.

Istri Tomy menganjurkan makanan dibawa pulang saja. Bandiman pun pulang dan sate disantap keluarga. Sate disantap dan menyebabkan anak bungsu Bandiman yang bernama Naba Faiz meninggal dunia.(dwi/sky)

Bantul