RADAR JOGJA – Jajaran Polda DIJ terus mendalami keterangan tersangka Nani Apriliani Nurjaman. Khususnya dalam melacak sosok R. Baik keterkaitan dalam kasus maupun keberadaannya.

Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto memastikan penyidikan akan semakin intens. Pihaknya juga tak ingin percaya sepenuhnya kepada Nani. Sehingga masih mendalami keterangan dari sejumlah saksi lainnya.

“Bahwa dari keterangan tersangka N (Nani) itu juga ada campur tangan dari inisial R. Namun siapa inisial R kami juga baru melaksanakan pendalaman kepada yang bersangkutan. Apakah itu betul-betul sosok yang ada ataukah hanya ilusi dari N saja. Ini kami belum bisa pastikan,” jelasnya ditemui di Mapolda DIJ, Selasa (4/5).

Pihaknya terus melakukan pelacakan sosok R. Baik dari keterangan tersangka maupun para saksi. Terlebih sosok R disebutkan pelanggan Nani di sebuah salon kawasan Umbulharjo Kota Jogja.

Terkait status sebagai daftar pencarian orang, Yuliyanto belum mengiyakan. Ini karena sosok R belum diketahui detil identitasnya. Hanya saja tetap ada upaya pencarian terhadap sosok ini.

“Status buronan ya belum, karena kan belum jelas. Kami belum menjadikan R itu buronan. Kalau misalnya ketika diperiksa untuk mengelak dan sebagainya terus kemudian ah asal nyebut orang bisa saja begitu. Ini segala kemungkinan ada, tapi kami belum tahu apakah sosok R ada atau tidak,” katanya.

Tersangka Nani, menurutnya, masih kooperatif. Setiap pertanyaan dijawab dengan tegas. Termasuk pengulangan terhadap pertanyaan yang sama. Tujuannya untuk memastikan jawaban tersangka sesuai fakta.

“Makanya belum perlu pemeriksaan kejiwaan. Tapi nanti kalau ada indikasi misalnya jawaban dari beberapa pertanyaan kemudian berulang-ulang dan tidak ada konsistensi jawaban maka itu akan dilakukan pemeriksaan kejiwaan,” ujarnya.

Senada, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi memastikan pencarian terhadap sosok R masih berlangsung. Untuk saat ini keterangan Nani menjadi data utama. Mulai dari peran sosok R dan keberadaannya.

Beberapa saksi juga telah dimintai keterangan. Termasuk T, sosok yang awalnya menjadi target kiriman takjil sate maut. Hanya saja pihaknya belum bisa membeberkan hasil penyidikan.

“Masih kumpulkan beberapa informasi tentang R itu siapa dirinya, dimana. Kalau sudah diketahui akan kita amankan mintai keterangan. Kalau T sudah dimintai keterangan, sejauh ini masih sama terkait dengan peristiwa itu,” katanya.(dwi/sky)

Bantul