RADAR JOGJA – Besok, masa jabatan Bupati Bantul habis. Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis dimungkinkan mengisi jabatan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bantul. Karena sampai kemarin belum ada surat dari Pemprov DIJ.

Ketua Dewan Perwakilan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul Hanung Raharjo mengaku belum mendapat surat resmi penunjukkan Sekda sebagai Plh Bupati Bantul. Namun, politisi PDI-P ini mengaku sudah mengetahui calon Plh Bantul. “Tidak mungkin ada kekosongan, karena satu hari mempengaruhi kemudian hari. Dipastikan ada (Plh Bupati, Red), tidak akan kosong.

Sebelumnya Sekda sempat menjadi Plh selama 12 jam. Sebelum Pak Budi Wibowo (Penjabat Bupati Bantul saat Suharsono menjalani tahapan kampanye Pilkada 2020, Red),” ungkapnya ditemui di kantornya Senin (15/2).

Kendati begitu, Hanung masih menunggu surat resmi penunjukkan Plh Bupati Bantul. Baik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atau Gubernur DIJ. “Kami sampai saat ini juga belum mendapat tembusan atau jawaban dari kementerian. Siapa yang akan menjadi bupati (Plh Bupati, Red) sampai saat ini kami belum tahu,” ucapnya.

Selain itu, Hanung belum mendapat pemberitahuan resmi, terkait kapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih. “Menunggu keputusan Mendagri akan dilantik tanggal 17 atau mundur. Gubernur juga belum mengirimkan surat resmi. Kemungkinan besok pagi atau siang (baru, Red) akan mendapat surat. Sekda hari ini juga rapat, dirumuskan hari ini,” beber politisi PDIP itu.

Informasi yang diperolehnya, hari ini Gubernur DIJ akan memanggil kabupaten yang memiliki bupati habis masa jabatan untuk mengkoordinasi bagaimana menghindari kekosongan. “Semoga besok ada informasi A1. Sekarang belum ada sama sekali,” ungkapnya.

Terpisah, Helmi pun memastikan tidak akan terjadi kekosongan jabatan Bupati Bantul. Tapi, dia juga mengaku belum mendapat informasi atau dihubungi. Terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih atau Plh Bupati Bantul. “Seharusnya (masa jabatan Bupati Bantul periode 2016-2021, Red) selesai 17 Februari. Masih ada waktu dua hari,” ujarnya.

Helmi menambahkan, Bagian Pemerintahan Pemkab Bantul belum mendapat informasi dari Pemprov DIJ. Tapi, lanjut dia, dari laporan dari bagian pemerintahan, ada kemungkinan besar, Sekda sebagai Plh Bupati Bantul sampai batas waktu yang tidak ditentukan. “Mungkin sampai ada penjabat atau dilantiknya Bupati Bantul yang definitif,” bebernya. (fat/pra)

Bantul