RADAR JOGJA – Kantor Basarnas Jogjakarta melanjutkan pencarian terhadap satu orang hilang di muara Sungai Opak, Pantai Depok, Bantul. Korban atas nama Suhardi, 43, belum ditemukan hingga saat ini. Pria yang berprofesi sebagai penambang pasir ini dinyatakan hilang sejak Senin pagi (1/2) tepatnya 05.30.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Lalu Wahyu Efendi memastikan pencarian akan terus berlanjut. Fokus pencarian di sekitar muara sungai Opak hingga area pantai. Pencarian ini turut melibatkan Ditpolair Polda DIJ, Tim SAR dan sejumlah relawan.

“Kami menurunkan 1 tim rescue lengkap dengan peralatan water rescue. Juga ada 1 unit ATV Amphibius dan 1 unit Beach patrol untuk penyisiran dipantai. Kalau cuaca hari ini memungkinkan, maka pencarian di laut akan memakai 2 unit jetski,” jelasnya, Selasa (2/2).

Hilangnya Suhardi berawal dari rutinitasnya sebagai penambang pasir. Tak sendiri, saat itu korban tengah beraktivitas bersama rekannya, Waluyo, 52. Beruntung warga Kretek Kabupaten Bantul ini berhasil diselamatkan.

Berdasarkan laporan, keduanya menambang dengan menaiki perahu. Saat tengah berada di tengah sungai Opak, tiba-tiba datang arus kencang. Alhasil perahu yang ditumpangi kedua korban langsung terseret ke arah laut.

“Tiba-tiba arus kencang datang dan menyeret perahu serta kedua korban yang diduga ke arah selatan atau laut. Mereka tidak menyadari kalau ada arus kencang dari arah Utara,” katanya.

Pencarian Selasa pagi terbagi dalam 6 tim search rescue unit (RSU). Tim RSU 1 fokus pencarian di muara sungai Opak menuju pantai Parangkusumo ke arah timur. Jarak pencarian sejauh 3,7 kilometer.

Tim SRU 2 fokus pada pencarian di wilayah Pantai Depok hingga muarai Sungai Opak. Radius pencarian mencapai 2,1 kilometer. Tim SRU melakukan pencarian di sepanjang Pantai Depok hingga Pantai Pelangi dan kembali lagi ke Pantai Depok. Radius pencarian mencapai 2,9 kilometer.

Tim SRU 4 kebalikan dengan tim SRU 3. Melakukan pencarian di Pantai Pelangi lalu ke Pantai Depok dan kembali lagi ke Pantai Pelangi. Pencarian sejauh radius 3,9 kilometer. “SRU 5 dengan jumlah personel 15 orang melakukan penyisiran dari Pantai Parangkusumo, Parang Ndog hingga Pantai Parangtritis dengan jarak 3,6 kilometer,” ujarnya.

Sementara untuk tim SRU 6 melakukan penyisiran dari Pantai Samas menuju Muara sungai Opak dan kembali lagi ke Pantai Samas. Tim berjumlah 15 orang ini mencari dalam radius 3,5 Kilometer.

“Persiapan tim SRU apabila cuaca mendukung ada 2 unit jetski milik Basarnas dan 1 unit jestki milik Ditpolair Polda DIJ. Rencana arah timur sampai dengan Pantai Parangtritis. Tapi sifatnya tetap tentatif sesuai kondisi cuaca dan ombak laut,” katanya. (dwi/ila)

Bantul