RADAR JOGJA- Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul . KH R Najib Abdul Qadir Munawwir (66 tahun) meninggal  Senin (4/1) sekitar pukul 16.30. WIB di kediaman Kompleks Pondok pesantren.

Jenazah dari  putra  KH Abdul Qodir dan cucu dari KH Munawwir, pendiri Pondok Pesantren Krapyak tersebut saat ini disemayamkan di rumah duka dan akan dimakamkan, Selasa  (5/1) pukul 14.00 WIB di makam keluarga Dongkelan desa setempat berdekatan dengan makam ayah dan kakeknya.

Salah satu anggota Dewan Pengasuh Pesantren Al Munawwir, Kiai Fairuzi Afiq Dalhar mengatakan jika Kyai Najib meninggal, namun dirinya tidak mengetahui secara pasti penyakit yang diderita almarhum. “sejak beberapa bulan terakhir , beliau mengeluh syaraf kejepit.  Dua pekan lalu, saat pulang dari sholat Jumat, pulangnya dipapah oleh para santri, pada Sabtu, (2 /1) lalu sempat dibawa ke Rumah Sakit dan menjalani rawat jalan,”katanya.

Fairuzi Afiq menambahkan, “kami merasa kehilangan dengan sosok beliau. Kyai Najib adalah teladan,  sesepuh sekaligus guru dari delapan dewan pengasuh  pesantren. Beliau adalah pengasuh utama pesantren ini,”tambahnya.

Kyai Najib,Selain pengasuh inti Pesantren Al-Munawwir Krapyak, almarhum juga menjabat  Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Almarhum semasa hidupnya sudah hapal Quran 30 juz saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan salah satu kiai yang menyelesaikan Qiroat Sab,ah. (sky)

Bantul