RADAR JOGJA – Ombak pesisir Pantai Selatan kembali seret wisatawan. Kali ini korban dinyatakan hilang atas nama Fajar Apriyanto, 20. Seorang pemuda warga Sengon, Gantiwarno, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Korban bermain di area palung Pantai Parangkusumo, dan terseret sekitar pukul 14.00.

Koordinator Satlimas Rescue Istimewa Wilayah III Muhamad Arif Nugraha mengatakan, Fajar bersama ketiga temannya datang ke Parangkusumo sekitar pukul 12.30. Mereka adalah Bintang Andriyansyah, 17; Adit Tria Nur Widiyanto, 14; dan Heni Wulandari, 18. Lalu Fajar dan Bintang bermain air di bibir pantai. “Tanpa sadar, pukul 16.00 korban dan temannya masuk area palung dan tenggelam,” paparnya saat dihubungi Radar Jogja Rabu (16/12).

Arif mengungkapkan, Adit yang melihat kejadian itu, berusaha menolong temannya. Namun, hanya mampu menyelamatkan Bintang. Sementara Fajar tidak tertolong dan dinyatakan hilang. “Saksi dua (Adit, Red) berusaha menolong, tetapi pegangan tangan terlepas. Anggota SAR datang ke pantai dan mendapati korban sudah terseret ke tengah dan hilang. Petugas juga berusaha melakukan pertolongan pertama pada Bintang. Satu korban belum terselamatkan dan masih dalam proses pencarian,” sebutnya.

Satlinmas Rescue Istimewa lantas menurunkan 69 personel. Petugas melakukan penyisiran dengan radius sekitar 500 meter ke arah barat dan timur dari tempat kejadian perkara (TKP). Pencarian diistirahatkan pukul 18.00, karena cuaca mulai gelap. “Kami lakukan perencanaan untuk penelusuran lebih lanjut mulai 19.30,” cetusnya. Sampai berita diturunkan, Fajar masih dalam pencarian. (fat/bah)

Bantul