RADAR JOGJA – Harga cabai di tingkat pasar tradisional merangkak naik sepekan ini. Kenaikan harga mencapai Rp 45 ribu per kilogram (kg) dari sepekan belumnya Rp 30 ribu per kg, Minggu (6/12). Hal ini disebabkan, hasil panen cabai di tingkat petani menurun.

“Cabai banyak yang rusak dan busuk,” ungkap Ismiati, 45, pedagang Pasar Sleman di kiosnya, (6/12). Menurut dia, harga cabai melambung bukan lantaran menjelang natal. Namun, jumlah panen yang mengalami penurunan di musim penghujan ini. Bunga cabai rontok hingga gagal buah. Ada pula yang diserang jamur sehingga rusak dan busuk. “Karena cabai mahal, satu ons sekarang harganya Rp 5 ribu,” lanjutnya.

Demikian juga harga cabai merah keriting saat ini. Harganya sepadan dengan harga cabai rawit. Dikatakan, naiknya harga cabai menyebabkan harga sayuran lainnya turut merangkak naik. Harga tomat misalnya. Bila normal di bawah Rp 10 ribu per kg di pasaran, saat ini naik menjadi Rp 15 ribu per kg. Begitu juga sayur-sayuran lainnya. Seperti bayam, lobak, sawi dan lain-lain juga naik Rp 500 hingga Rp 1.000 per ikat. Kendati begitu, harga bawang merah dan bawang putih masih stabil di angka Rp 27 ribu per kg. Diperkirakan, harga akan terus naik jika permintaan meningkat.

Mardi, 63, pedagang asal Salam, Magelang menimpali, pedasnya harga cabai lantaran banyak petani yang gagal panen. Banyak cabai petek (kering dan rongga) karena diserang jamur juga faktor cuaca yang cenderung hujan.

Dikatakan, kondisi ini juga dikeluhkan oleh pengepul. Sebab, cabai yang dibeli ditingkat petani, setelah disortir banyak yang busuk. Jika dijual dipasaran harga turun hingga sepertiganya. “Yakni, Rp 15 ribu per kg cabai petek yang masih hijau. Yang hijau gini masih laku tapi ya murah,” kata Mardi sembari menunjuk cabai petek.

Meskipun cabai petek, kata dia, masih layak dikonsumsi. Konon sudah pernah dilakukan uji laboratorium oleh Dinas Pertanian setempat. Penelitian sudah dilakukan sejak 2016. “Toh, juga diizinkan dijual. Dinas Perdagangan juga kerap melakukan pemantauan,” katanya.

Sebelumnya, naiknya harga cabai membuat pedagang kecil kelimpungan mengecerkan harga cabai. Bahkan, disejumlah warung kecil menetapkan harga yang berbeda. Ada yang pembelian minimal satu ons. Ada pula yang masih melayani pembelian di bawah Rp 5 ribu. (mel/pra)

Bantul